Disarpustaka Kapuas kembangkan Pojok Baca Digital

id Disarpustaka Kapuas, Kapuas, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, kalteng, Kepala Dinas Sarpustaka Kapuas, Suwarno Muriyat

Disarpustaka Kapuas kembangkan Pojok Baca Digital

Penjabat Bupati Kapuas, Erlin Hardi, bersama istri dan jajaran, meninjau Pojok Baca Digital Disarpustaka Kabupaten Kapuas, Senin (22/1/2024). ANTARA/ All Ikhwan.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpustaka) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, terus berupaya meningkatkan minat baca dan literasi masyarakat, satu diantaranya dengan mengembangkan layanan pojok baca digital di daerah setempat.

"Diperolehnya sarana pojok baca digital ini dari Perpusnas karena kami perpustakaan Kapuas sudah akreditasi B," kata Kepala Dinas Sarpustaka Kabupaten Kapuas, Suwarno Muriyat, di Kuala Kapuas, Senin (22/1).

Hal itu disampaikannya, setelah melaksanakan Pencanangan Korespondensi Bebas Kertas, Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip dan Pengukuhan Bunda Literasi kecamatan, di Aula Rumah Jabatan Bupati Kapuas, jalan Jendral Sudirman Kuala Kapuas.

Dijelaskannya, layanan pojok baca digital di kabupaten setempat ini, merupakan sarana yang baru yang diperoleh dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas).

"Jadi, ada beberapa peralatan yang kami terima dari Perpusnas untuk pengembangan pojok baca di Kabupaten Kapuas," terangnya.

Mantan Kepala Dinas Pendidikan kabupaten setempat ini menjelaskan, dalam operasionalnya layanan pojok baca digital di daerah setempat akan dilakukan dengan berpindah-pindah tempat.

"Tempatnya nanti akan pindah-pindah. Misalnya hari ini kami tempatkan disini, besok atau sebulan ditempat lain," katanya.

Ditambahkan Suwarno, untuk pengembangan pojok baca digital pada tahun 2024, Disarpustaka Kapuas telah menerima dana untuk digitalisasi perpustakaan.

Baca juga: Pemkab Kapuas canangkan Korespondensi Bebas Kertas dan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip

"Insya Allah di beberapa tempat pojok baca nanti akan kami bantu pojok baca digital yang di dalamnya terdapat bermacam-macam buku," demikian Suwarno Muriyat.

Sebelumnya, kegiatan Pencanangan Korespondensi Bebas Kertas, Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip dan Pengukuhan Bunda Literasi kecamatan, dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi.

Kegiatan terlebih dahulu melaksanakan Pengukuhan Bunda Literasi kecamatan untuk 17 kecamatan yang ada di wilayah Kapuas oleh Bunda Literasi Kabupaten Kapuas, Agustina Erlin Hardi.

Baca juga: 17 Bunda Literasi kecamatan di Kapuas dikukuhkan

Baca juga: Dinas PMD Kapuas raih penghargaan teraktif gunakan aplikasi Srikandi

Baca juga: 246 kejadian bencana di Kapuas sepanjang 2023