Legislator Kapuas dukung Dinsos konsisten bantu kelompok RKM

id DPRD Kapuas, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Kapuas, Abdurahman Amur, kalteng

Legislator Kapuas dukung Dinsos konsisten bantu kelompok RKM

Anggota DPRD Kabupaten Kapuas Abdurahman Amur. ANTARA/All Ikhwan.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Abdurahman Amur mengapresiasi sekaligus mendukung langkah Dinas Sosial setempat, yang telah memberikan batuan kelompok Rukun Kematian (RKM) untuk warga di daerah pemilihan (Dapil) Kapuas V.

"Mewakili masyarakat di daerah pemilihan saya, menyampaikan ucapatan terimakasih kepada Dinsos Kapuas, telah memberikan kepada sejumlah warga RKM," kata Abdurahman Amur, di Kuala Kapuas, Senin (5/2).

Ada sebanyak enam warga yang menerima RKM yang tersebar di empat kecamatan di daerah setempat, yakni Kecamatan Bataguh, Kapuas Timur, Tamban Catur dan Kapuas Kuala.

Menurut legislator dari Partai Golongan Karya (Golkar), bantuan RKM ini sangat diharapkan sekali bagi warga di daerahnya tersebut, untuk membantu meringankan beban bagi warga yang telah meninggal dunia.

Diharapkan bantuan ini, ke depan dapat ditambah dan diperbanyak lagi bagi warga yang sudah terbentuk RKM-nya sebagai bentuk perhatian pemerintah daerah kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Kami tentunya sangat mendukung bantuan untuk rukun kematian ini. Kita harapkan bantuan tersebut, bisa lebih di perbanyak lagi, khususnya di wilayah pemilihan saya," kata Abdurahman Amur.

Baca juga: Legislator Kapuas dukung kerjasama Dinas PMD dengan Kejari

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kapuas, Yanmarto mengatakan, bantuan RKM yang diberikan ini untuk kelompok masyarakat fardhu kifayah, diberikan berupa sarana prasarana peralatan untuk kematian.

"Baik itu, sarana prasarana pemandian jenazah, keranda jenazah, hingga sampai dengan penggalian kuburan," katanya.

Bantuan yang diberikan ini, sambungnya, berdasarkan usulan proposal dari kelompok masyarakat RKM, yang kemudian ditindaklanjuti pemerintah melalui Dinas Sosial setempat.

"Bantuan RKM ini tidak hanya bagi warga agama Islam saja, namun juga ada bantuan untuk warga yang beragama lainnya. Tetapi bantuannya berbeda dengan agama Islam," demikian Yanmarto.

Baca juga: Penjabat Bupati ingatkan masyarakat di Kapuas lebih taat pajak

Baca juga: Disarpustaka Kapuas tingkatkan fasilitasi pengelolaan aplikasi Srikandi

Baca juga: Kepala DPM: Status Desa Mandiri di Kapuas alami peningkatan