Disdukcapil Kotim tetap buka layanan hingga hari pencoblosan pemilu 2024

id Kepala Disdukcapil Kotawaringin Timur, Kotawaringin Timur, kotim, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Agus Tripurna Tangkasiang, kalteng

Disdukcapil Kotim tetap buka layanan hingga hari pencoblosan pemilu 2024

Sejumlah warga mengantre untuk mengurus administrasi kependudukan di Disdukcapil Kotim beberapa waktu lalu. ANTARA/Devita Maulina.

Sampit (ANTARA) - Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Agus Tripurna Tangkasiang menyatakan bahwa pihaknya tetap membuka layanan bagi masyarakat saat hari libur dan cuti bersama hingga hari pencoblosan.

"Bertepatan dengan momentum libur isra mi’raj dan cuti bersama tahun baru Imlek, kami di Disdukcapil tetap membuka layanan seperti biasa," kata Agus Tripurna di Sampit, Kamis.

Ia menjelaskan, hal ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran (SE) Direktorat Jenderal (Dirjen) Dukcapil Nomor 400.8.1.2/1615/Dukcapil tanggal 6 Februari 2024 perihal Layanan Dukcapil pada Hari Penyelenggaraan Pemilu 2024. SE ini sebagai bentuk komitmen Dirjen Dukcapil untuk turut mensukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024. 

Dalam SE tersebut menginstruksikan Kepala Disdukcapil Provinsi menginstruksikan Kepala Bidang Administrasi Kependudukan melakukan koordinasi dan pemantauan pelaksanaan layanan Disdukcapil di kabupaten/kota pada hari libur maupun tanggal merah, yakni tanggal 8,9,10,11 dan saat hari pencoblosan 14 Februari 2024.

Selain itu, Kepala Disdukcapil kabupaten/kota diminta melaporkan hasil layanan berupa jenis layanan atau dokumen dan jumlah hasil pelayanan pada Disdukcapil Provinsi maksimal pukul 15:00 WIB setiap tanggal yang ditentukan.

"Sesuai dengan arahan Dirjen Dukcapil kami pun telah menyiagakan petugas administrasi kependudukan yang siap memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat," imbuhnya.

Baca juga: Hindari konflik, Disdik ingatkan pelajar Kotim bijak dalam berbahasa

Beberapa pelayanan yang tetap buka di Disdukcapil Kotim selama hari libur dan cuti bersama antara lain perekaman KTP elektronik, aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD), biodata Warga Negara Indonesia (WNI), akta pencatatan sipil, dan cetak KTP elektronik.

Layanan dibuka di loket Kantor Disdukcapil Kotim Jalan HM Arsyad Km 3.5 Sampit, mulai pukul 08:00 WIB sampai 14:00 WIB. Adapun, rekapitulasi percetakan KTP per tanggal 7 Februari 2024 sebanyak 364 keping, sedangkan sisa blanko KTP 327 keping.

Kepala Disdukcapil pun mengimbau kepada masyarakat, khususnya pemilih pemula, yang belum maupun sudah melakukan perekaman namun belum melakukan pencetakan KTP agar segera mengurusnya ke Disdukcapil agar dapat menggunakan hak pilih dalam Pemilu 2024 ini.

Baca juga: Dinkes Kotim soroti hasil skrining kesehatan ASN

Baca juga: Lapas Sampit berupaya wujudkan zero pungli

Baca juga: Pelatihan kerja di BLK Kotim kembali dibuka dan pendaftaran gratis