Amankan Pemilu 2024, Polresta Palangka Raya libatkan 270 personel

id Polresta Palangka Raya,Pengamanan Pemilu 2024,Kabag Ops Polresta Palangka Raya Kompol Ganda B Napitupulu,Kalteng ,Pemilu

Amankan Pemilu 2024, Polresta Palangka Raya libatkan 270 personel

Kabag Ops Polresta Palangka Raya Kompol Ganda B Napitupulu saat disambangi di ruang kerjanya, Senin (12/2/2024)> ANTARA/Adi Wibowo 

Palangka Raya (ANTARA) - Polresta Palangka Raya, Kalimantan Tengah melibatkan 270 personel untuk mengamankan jalannya pemilihan umum (pemilu) yang akan dilaksanakan pada Hari Rabu 14 Februari 2024.

Kabag Ops Polresta Palangka Raya Kompol Ganda B Napitupulu di Palangka Raya, Senin, mengatakan untuk 270 personel yang dilibatkan dalam pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada pemilu nantinya yakni personel di tps ada 260 orang dan 10 orang perwira pemantau wilayah di lima kecamatan yang ada di daerah setempat.

"Total personel yang dilibatkan dalam Operasi Mantap Brata (OMB) sebenarnya ada 300 personel, termasuk 270 pengamanan tps dan sisanya standby di Mapolresta," kata Ganda.

Dia menjelaskan, personel yang terlibat pengamanan tps akan menjaga 827 tps di lima kecamatan yang sudah tersebar di Kota Palangka Raya. Saat ini kategori pengamanan ada tps rawan dan kurang rawan.

Untuk tps kurang rawan akan dijaga oleh dua personel Polri mengamankan delapan delapan tps dan 16 orang linmas. Sedangkan untuk daerah rawan, dua tps akan dijaga dua personel polisi dan empat orang linmas.

"Kalau tps rawan di Palangka Raya ini ada 39 titik terbagi di lima kecamatan yang ada di daerah setempat. Seperti Kecamatan Pahandut ada 6 tps, Jekan Raya 12 tps, Sebangau 4 tps, Bukit Batu 3 tps dan Rakumpit 14 tps," ucapnya.

Baca juga: Pj Wali Kota Palangka Raya komitmen jaga netralitas ASN

Ditambahkan Perwira Polri berpangkat melati satu itu, kategori tps rawan ada beberapa macam faktor seperti jumlah penduduknya banyak, tps berpotensi rawan konflik dan jauh dari pemukiman serta lain sebagainya.

Sedangkan tps kurang rawan tentunya tidak ada potensi gangguan konflik, nyaman ditempuh oleh para petugas serta kemudahan lainnya.

"Ya kita berharap Pemilu yang sebentar lagi akan dilaksanakan dapat berjalan lancar dan tanpa ada gangguan apapun, sehingga pesta demokrasi lima tahunan ini dapat berjalan dengan lancar dan sesuai keinginan bersama," demikian Ganda B Napitupulu.

Baca juga: Anggota DPR RI ajak masyarakat Kalteng tidak golput pada Pemilu 2024

Baca juga: Kodim 1016 Palangka Raya siap amankan jalannya Pemilu 2024

Baca juga: Sekda Kalteng hadiri haul Guru Sekumpul di Palangka Raya