Sebanyak 725 warga binaan di Kobar salurkan hak pilih di TPS khusus

id kalapas pangkalan bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kobar, Kalimantan Tengah, Doni Hardiansyah, Kotawaringin Barat, kalteng

Sebanyak 725 warga binaan di Kobar salurkan hak pilih di TPS khusus

Salah seorang warga binaan Lapas kelas IIB Pangkalan Bun saat melakukan pencoblosan di TPS khusus, Rabu (14/2/2024). ANTARA/Safitri RA.

Pangkalan Bun (ANTARA) - Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah, Doni Hardiansyah mengatakan, sebanyak tiga tempat pemungutan suara (TPS) khusus, di siapkan untuk memfasilitasi warga binaannya menyalurkan hak pilihnya.

Kurang lebih ada sebanyak 725 warga binaan beserta petugas kita yang melakukan pencoblosan di TPS khusus ini, kata Doni Hardiansyah di Pangkalan Bun, Rabu.

"Untuk pengamanan saat berlangsungnya kegiatan pencoblosan di TPS khusus tersebut, pihaknya di bantu oleh TNI polri," ucapnya.

Dikatakan, saat berlangsungnya pelaksanaan pemilu di TPS khusus tersebut, di pastikan berjalan dengan lancar tanpa ada kendala apapun.

"Alhamdulillah dengan adanya koordinasi dan sinergi yang baik, antar stakeholder pelaksanaan pemilu 2024 di lapas Pangkalan Bun berjalan dengan baik dan lancar," kata Doni.

Menurutnya, pelaksanaan Pemilu di lingkungan Lapas Kelas IIB Pangkalan Bun ini bukan hanya sekali dilakukan, namun sudah beberapa kali dalam pemilu sebelumnya, maka tidak ada kendala tersendiri dalam pelaksanaannya.

"Di lapas ini ada tiga TPS yaitu TPS 901, 902 dan 903, seluruh warga binaan secara bergantian datang ke TPS dengan tertib serta mengikuti aturan yang ada," disampaikannya.

Kalapas itu juga memastikan, pada pelaksanaan pencoblosan tersebut, warga binaannya di nyatakan sehat dan bisa menggunakan hak pilihnya. Pada pengaturan proses pencoblosan di Lapas kelas IIB Pangkalan Bun memiliki keunikan, yaitu dimana ada warga binaannya menggunakan seragam Pramuka.

Doni menjelaskan, bahwa Pramuka merupakan salah satu program pembinaan yang ada di lapas kelas IIB Pangkalan Bun. Pembinaan Pramuka ini tentunya ada beberapa tahapan sampai dia terpilih mengikuti kegiatan pembinaan Pramuka.

Baca juga: Wakapolda kawal pelaksanaan Pemilu 2024 di Kotawaringin Barat

"Akhirnya mereka pada hari ini di mintai bantuan untuk membantu arus keluar warga binaan yang akan memilih ke TPS," kata dia.

Dirinya pun berharap pemilu tahun ini dapat berdampak baik bagi semua pihak dan membawa kedamaian bagi bangsa dan negara, serta menghasilkan pemimpin terbaik untuk daerah.

"Harapannya pemilu ini dapat berjalan damai dan apapun hasilnya kita terima, dan menghasilkan pemimpin terbaik untuk pembangunan daerah kedepannya khususnya di Bumi Marunting Batu Aji ini," demikian Doni Hardiansyah.

Baca juga: Pj Bupati Kobar: Kuatkan koordinasi dan matangkan persiapan hadapi Pemilu 2024

Baca juga: Pj Bupati Kobar pimpin langsung pelepasan distribusi logistik pemilu 2024

Baca juga: KPU Kobar minta masyarakat tidak golput pada Pemilu 2024