Ini manfaat diet rendah karbohidrat untuk kesehatan tubuh

id diet,karbohidrat,diet rendah karbo

Ini manfaat diet rendah karbohidrat untuk kesehatan tubuh

Ilustrasi Karbohidrat (ist)

Jakarta (ANTARA) -
Pakar nutrisi dari Klinik SENS, Deepak Pal menyebutkan diet rendah karbohidrat memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh.

Deepak menjelaskan, meskipun diet rendah karbohidrat memiliki banyak manfaat, tetap dianjurkan untuk memperhatikan kebutuhan dan kondisi tubuh sendiri sebelum memulai diet baru.

Dia juga mengingatkan setiap individu memiliki respon tubuh yang berbeda-beda saat menjalani diet tertentu sehingga diperlukan konsultasi terlebih dahulu dengan tenaga profesional sebelum memulai diet ini.

Baca juga: Gula darah tinggi tidak hanya dari makanan yang terbuat dari gula

Berikut manfaat diet rendah karbon dilansir dari Hindustan Times pada Selasa:

Penurunan berat badan

Biasanya diet rendah karbohidrat diterapkan untuk mengatur berat badan. Asupan makanan rendah karbohidrat memaksa tubuh untuk membakar lemak yang tersimpan untuk energi yang menyebabkan berat badan menurun.

Memperbaiki kontrol kadar gula darah

Individu dengan resistensi insulin, pradiabetes, atau diabetes tipe 2 bisa mendapatkan manfaat dari diet rendah karbohidrat karena pola makan tersebut membantu mengatur kadar gula darah.

Ketika menghilangkan atau mengurangi konsumsi beras atau gandum dalam pola makan, hal itu dapat membantu mengontrol kadar gula darah.

Baca juga: Kiat konsumsi karbohidrat agar tak sebabkan berat badan naik

Mengendalikan nafsu makan berlebihan

Beralih ke makanan dengan kandungan protein yang lebih tinggi dan asupan lemak sehat dalam diet rendah karbohidrat dapat membuat perut lebih merasa kenyang.

Dengan begitu, nafsu makan yang berlebihan dapat lebih dikendalikan sehingga mencegah makan berlebihan yang menyebabkan berat badan bertambah.

Tingkat produksi energi yang lebih tinggi

Menurut Deepak, individu yang menerapkan diet rendah karbohidrat mungkin memiliki kejernihan mental yang lebih baik dan energi berkelanjutan. Hal tersebut membuat tubuh menjadi lebih efisien dalam membakar lemak menjadi energi.

Memperbaiki kadar trigliserida

Diet rendah karbohidrat sering dikaitkan dengan penurunan kadar trigliserida, yang bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Baca juga: Migrain bisa muncul usai makan karbohidrat dan gula?

Mengurangi risiko peradangan

Beberapa diet rendah karbohidrat menekankan pada makanan yang tidak diproses atau makanan yang tanpa melalui proses pengolahan tertentu. Diet ini dapat berkontribusi untuk mengurangi risiko peradangan dalam tubuh.

Tekanan darah yang lebih baik

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet rendah karbohidrat dapat mengatur tekanan darah dengan lebih baik, yang merupakan faktor kunci dalam kesehatan jantung.

Peningkatan kolesterol HDL

Meskipun dampaknya dapat bervariasi, beberapa individu mengalami peningkatan kolesterol high-density lipoprotein (HDL) atau sering disebut sebagai kolesterol baik ketika menjalankan diet rendah karbon.

Baca juga: Ini tujuh asupan berkarbohidrat untuk jaga tekanan darah

Baca juga: Selain muncul jerawat, ini tanda tubuh kebanyakan asupan karbohidrat

Baca juga: Ahli gizi sebut karbohidrat sederhana bisa picu kegemukan