BMKG ingatkan warga Kotim waspadai cuaca buruk

id BMKG ingatkan warga Kotim waspadai cuaca buruk, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur

BMKG ingatkan warga Kotim waspadai cuaca buruk

Pengendara motor melintas di Jalan Achmad Yani saat hujan mengguyur Sampit, Jumat (1/3/2024). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Haji Asan mengingatkan masyarakat Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah mewaspadai potensi cuaca buruk yang berpotensi terjadi dalam tiga hari ini. 

"Waspada potensi hujan lokal intensitas lebat dengan durasi singkat yang dapat disertai petir, kilat dan angin kencang," kata Kepala Stasiun Meteorologi Haji Asan Musuhanaya melalui Forecaster On Duty Lyla di Sampit, Jumat. 

Jumat pagi, hujan dengan cukup deras terjadi di Sampit dan sejumlah wilayah di Kotawaringin Timur. Kondisi ini perlu diwaspadai karena berpotensi terjadi selama tiga hari. 

Dijelaskan, potensi cuaca buruk ini dianalisa dari model prakiraan cuaca menunjukkan bahwa beberapa fenomena atmosfer yang dapat memicu potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur untuk tiga hari ke depan. 

Fenomena itu yaitu adanya gangguan MJO dan Kelvin secara spasial terpantau di Pulau Kalimantan yang mengakibatkan sistem konvektif yang kuat. 

Terbentuknya pola konvergensi dan belokan angin (shearline) di sekitar wilayah Kalimantan Tengah. Hal ini menyebabkan terjadinya perlambatan aliran massa udara yang mengakibatkan penumpukan massa uap air yang berpotensi tumbuhnya awan-awan konvektif. 

Baca juga: Bulog Sampit suplai beras ke pasar tradisional tekan kenaikan harga

Selain itu, kelembaban udara beberapa lapisan cukup basah dan labilitas lokal kuat yang mendukung perkembangan dan kemudian terbentuknya awan-awan konvektif. 

BMKG memprakirakan sejumlah wilayah di Kotawaringin Timur yang berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir kilat dan angin kencang. 

Diprakirakan pada 1 Maret atau hari ini terjadi hujan dengan intensitas sedang, berpotensi merata di Kabupaten Kotawaringin Timur. 

Prakiraan cuaca pada 2 Maret terjadi hujan dengan intensitas sedang yang berpotensi terjadi di Kecamatan Bukit Santuai, Telaga Antang, Antang Kalang, Tualan Hulu, Cempaga Hulu, Cempaga dan Pulau Hanaut. 

Sementara itu pada 3 Maret, hujan dengan intensitas sedang berpotensi terjadi di Kecamatan Bukit Santuai, Telaga Antang, Antang Kalang, Tualan, Hulu, Cempaga Hulu, Mentaya Hulu, Parenggean dan Telawang. 

"Masyarakat diimbau berhati-hati terhadap dampak bencana yang berpotensi ditimbulkan seperti genangan air, banjir, tanah longsor untuk area yang mempunyai indeks risiko banjir tinggi," demikia Lyla. 

Baca juga: Peresmian pabrik pakan ikan di Kotim menunggu pemasangan listrik

Baca juga: BNNP bentuk unit IBM di Kotim tanggulangi narkotika

Baca juga: Purna tugas PNS bukan berarti purna karya, kata Wabup Kotim