Masyarakat Kobar sambut meriah piala Adipura

id Masyarakat Kobar sambut meriah piala Adipura, kalteng, kobar, Kotawaringin Barat, Budi Santosa

Masyarakat Kobar sambut meriah piala Adipura

Penjabat Bupati Kobar Budi Santosa saat membawa piala Adipura ke-13 Kabupaten Kobar di acara penyambutan, Rabu (6/3/2024) ANTARA/Safitri RA

Pangkalan Bun (ANTARA) - Pawai arak-arakan penyambutan berhasil diraihnya kembali penghargaan piala Adipura ke-13 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia untuk Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah disambut meriah oleh masyarakat. 

"Penghargaan Adipura menjadi representasi kesungguhan dalam mengatasi persoalan lingkungan pada umumnya juga persoalan sampah dan ruang terbuka hijau pada khususnya," kata Penjabat Bupati Kobar Budi Santosa di Pangkalan Bun, Rabu.

Pawai arak-arakan tersebut dimulai dari tibanya piala Adipura tersebut di Bandara Iskandar Pangkalan Bun. Selanjutnya piala diarak menuju Kecamatan Kumai, kemudian dibawa mengelilingi Kota Pangkalan Bun hingga berhenti di kantor Bupati Kotawaringin Barat.

"Kegiatan ini sebagai bentuk rasa syukur kita atas kembali diraihnya penghargaan Adipura ke-13 untuk Kabupaten Kobar," ucap Budi.

Saat berlangsungnya kegiatan pawai arak-arakan piala Adipura tersebut, antusias masyarakat sangat luar biasa di sepanjang perjalanan menyambut kedatangan piala Adipura ke-13.

Baca juga: Kobar kembali sukses raih Adipura ke-13

Kegiatan tersebut juga diikuti oleh Forkopimda Kabupaten Kobar lainnya. Tidak ketinggalan pula para petugas kebersihan yang selama ini berperan penting dalam menjaga kebersihan daerah.

Budi menyampaikan ucapan terima kasih serta apresiasi atas kerja keras seluruh elemen masyarakat Kobar yang telah berkolaborasi sehingga Pangkalan Bun meraih kembali piala Adipura.

Dia mengungkapkan, penghargaan Adipura bukan menjadi akhir perjuangan, tetapi justru ini semakin menjadi sebuah pengembangan, membangkitkan semangat dan upaya ke depan dalam melakukan langkah konkret di lapangan untuk mengatasi persoalan sampah. 

"Saya berharap agar tempat-tempat lain di Kabupaten Kotawaringin Barat dapat melakukan hal yang sama, sehingga suatu saat bukan hanya Kota Pangkalan Bun sebagai ibu kota kecamatan di Arut Selatan saja yang meraih Adipura, tetapi juga seluruh ibu kota kecamatan lainnya dapat diusulkan untuk dinilai," ungkapnya.

Selain penyambutan dan pawai arak-arakan piala Adipura ke-13 tersebut, Pemkab Kobar juga memberikan sebanyak 510 bingkisan paket sembako kepada para petugas kebersihan.

Baca juga: Petani di Kobar disarankan bentuk APH

Baca juga: Sekda definitif diharapkan tingkatkan kinerja Pemkab Kobar

Baca juga: Disperindagkop kenalkan produk lokal Kobar di pameran INACRAFT 2024