Disperindagkop kenalkan produk lokal Kobar di pameran INACRAFT 2024

id Disperindagkop UKM Kotawaringin Barat , Kabupaten Kotawaringin Barat, Kobar, Kalimantan Tengah, kalteng, produk lokal Kobar dikenalkan di pameran INA

Disperindagkop kenalkan produk lokal Kobar di pameran INACRAFT 2024

Kabid Perdagangan Disperindagkop Kobar Suhendra. ANTARA/Dokumentasi Suhendra.

Pangkalan Bun (ANTARA) - Dinas Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop UKM) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah, siap memperkenalkan produk lokal Kabupaten Kobar ke Mancanegara melalui pameran INACRAFT 2024.

Pameran tersebut kesempatan emas untuk menampilkan dan memperluas akses pasar produk lokal yang dihasilkan para pelaku UMKM di kabupaten ini, kata Kabid Perdagangan Disperindagkop Muhammad Suhendra di Pangkalan Bun, Senin.

"Jadi bukan hanya memperkenalkan produk lokal Kobar ke tingkat nasional dan internasional, tetapi juga memperluas akses pasarnya. Pameran ini kan juga nantinya dihadiri wisatawan mancanegara," tambahnya.

Dikatakan, INACRAFT 2024 ini menyongsong tema From Smart Village to Global Market', yang akan dilaksanakan di Balai Sidang Jakarta Convention Center. Pameran ini diikuti oleh seluruh provinsi se-Indonesia yang akan dilaksanakan mulai 28 Februari - 3 Maret 2024 mendatang.

Suhendar pun mengatakna bahwa Disperindagkop Kobar memberangkatkan dua pelaku usaha asal Kabupaten Kobar yaitu Pengrajin Batik Arut Padi Setiono dan Pengrajin Purun Natai Baru Ibu Saina.

"Saat pameran berlangsung, nanti keduanya akan melakukan demo (praktik) dengan alat mereka secara langsung di depan pengunjung," beber dia.

Baca juga: Anggota Damkar Kobar ikuti kompetisi NFSC 2024 di Surabaya

Suhendra mengungkapkan, selain memperkenalkan produk lokal dari dua pengrajin tersebut, pihaknya  juga membawa produk lokal lain. Selain itu, juga akan memperkenalkan produk lokal kita yang lainnya seperti gula nipah dari Desa Sebuai, keramik homemade, kerupuk dan amplang berbahan ikan, serta lainnya.

Dia menambahkan, pada kegiatan pameran INACRAFT 2024 ini pihaknya, tidak dapat membawa semua pelaku usaha lokal karena keterbatasan anggaran.

"Jadi kami akan membawa pelaku UMKM lokal lainnya secara bertahap di pameran Internasional di tahun-tahun ke depannya," demikian Suhendra.

Baca juga: Pj Bupati optimis P4S dapat mencetak petani muda di Kobar

Baca juga: Pemkab Kobar siapkan anggaran peningkatan infrastruktur kota

Baca juga: DPKP Kobar laksanakan gerakan B2SA wujudkan SDM sehat