Tarawih perdana di Masjid At-Taqwa dihadiri ratusan warga

id muhammadiyah barito utara,masjid attaqwa ,muara teweh,tarawih perdana,bulan puasa,barito utara,kalteng

Tarawih perdana di Masjid At-Taqwa dihadiri ratusan warga

Ketua PD Muhammadiyah Barito Utara Dr H Rakhmat Muratni menyampaikan sambutannya sebelum shalat Tarawih di Masjid At-Taqwa Muara Teweh, Ahad 11/3/2024) malam.ANTARA/HO-PDM Muhammadiyah Barito Utara

Muara Teweh (ANTARA) - Ratusan warga Muara Teweh dan sekitarnya hadir mengikuti shalat Tarawih perdana di Masjid At-Taqwa di Jalan Tumenggung Surapati Muara Teweh pada Ahad (10/3) malam.

Shalat Tarawih malam pertama ini diselenggarakan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Barito Utara, selain di Masjid At-Taqwa juga sejumlah Masjid Muhammadiyah lainnya di daerah setempat. 

"Kami mengajak kepada seluruh warga maupun simpatisan Muhammadiyah untuk menyikapi perbedaan awal Ramadhan dengan saudara muslim lainnya dengan penuh kedewasaan," kata Ketua PD Muhammadiyah Barito Utara Dr H Rakhmat Muratni dalam pidato iftitah sebelum shalat tarawih.

Menurut dia, perbedaan dalam menentukan awal Ramadhan dan Idul Fitri adalah hal yang biasa terjadi dan yang paling penting adalah toleransi saling menghargai dan tidak kalah pentingnya memaknai ibadah untuk membangun kesalehan diri umat Islam.

Ini baik pribadi maupun kolektif bangsa Indonesia agar hidup lebih baik, lebih menjalani kehidupan kehidupan yang lahir dari pancaran agama yang mencerahkan, mencerdaskan bahkan memajukan kehidupan. 

"Kami juga mengimbau kepada para pengelola tempat hiburan, pelaku usaha rumah makan/pengusaha kuliner, para pengelola media cetak dan elektronik, juga para admin dan pengguna media sosial, hendaknya ikut menjaga suasana yang kondusif, dengan membatasi kegiatan, pertunjukan, tayangan dan konten-konten yang dapat mencederai kemuliaan bulan suci Ramadhan ini," kata Rakhmat.

Di akhir pidato, Rakhmat Muratni mengajak untuk dapat menciptakan suasana bulan suci Ramadhan sebagai bulan yang penuh kedamaian, kasih sayang, dan saling memaafkan. 

"Semoga dengan datangnya bulan suci Ramadhan 1445 H, Allah SWT memberkahi dan semoga kita semua senantiasa berada dalam lindungan Allah SWT," katanya.

Ketua Badan Pengelola Masjid At-Taqwa Muara Teweh Dadang Ma'mun mengatakan Tarawih perdana ini diikuti oleh sekitar 300-an jemaah baik warga Muhammadiyah,simpatisan maupun yang berfaham Muhammadiyah.

"Selain tarawih kegiatan lainnya berupa buka puasa bersama, kajian subuh, I’tikaf 10 malam terakhir serta penyediaan untuk bersahur," kata Dadang yang juga Sekretaris PD Muhammadiyah Barito Utara ini.

Untuk penyerahan Zakat, Infaq dan Shodaqoh bisa melalui Lazismu Barito Utara secara langsung atau bisa ditransfer ke rekening LazisMu Barito Utara Bank Syariah Indonesia Nomor Rekening 7099983234. Selanjutnya bisa konfirmasi ke Wahyudi di 085248366754.