Warga Palangka Raya diminta berhati-hati, waspada ular masuk rumah saat banjir

id waspada ular, musim hujan, palangkaraya, call center 12 palangka raya,banjir palangkaraya

Warga Palangka Raya diminta berhati-hati, waspada ular masuk rumah saat banjir

Petugas Call Center 112 Kota Palangka Raya saat mengevakuasi ular hanjaliwan atau tedung di rumah warga Jalan Pandohop, Kelurahan Langkai, Kecamatan Pahandut, Kota Palangka Raya belum lama ini. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Palangka Raya (ANTARA) -
Koordinator Call Center 112 Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sucipto meminta masyarakat dapat lebih waspada terhadap adanya ular yang masuk ke dalam rumah saat kondisi banjir.
 
"Kami sudah menangani evakuasi ular sebanyak lima kali selama banjir melanda Kota Palangka Raya," katanya, Jumat.
 
Dia menjelaskan, jika saat banjir melanda, menyebabkan habitat ular yang berada di hutan menjadi terendam banjir sehingga membuat hewan-hewan reptil memasuki permukiman warga untuk mencari mangsa.
 
Biasanya, ular memangsa hewan ternak hinga tikus yang kerap berada di rumah warga. Untuk itu dirinya meminta kepada warga agar dapat senantiasa membersihkan rumah dari tumpukan barang yang tidak terpakai.
 
"Karena itu bisa menjadi sarang tikus dan membuat ular masuk ke dalam rumah," ucapnya.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya pertimbangkan perpanjangan tanggap darurat banjir
 
Dia juga meminta kepada warga agar dapat lebih waspada saat hendak beraktivitas di rumah. Ia mencontohkan, saat hendak tidur warga diminta untuk memeriksa kondisi tempat tidur. Pasalnya ular kerap bersembunyi di bawah kasur.
 
Sebab, ular kerap bersembunyi di tempat-tempat lembab yang menyerupai habitatnya. Tak jarang, pihaknya mengevakuasi beragam jenis ular dari kasur, bantal hingga di dalam baju yang berada di gantungan.
 
"Kenali jenis ular dan jangan berani-berani mengevakuasi seorang diri. Hubungi kami agar tidak ada korban," tegasnya.
 
Lebih lanjut Sucipto mengatakan, jika sebelumnya pihaknya telah menerima lima laporan warga terkait permintaan mengevakuasi tiga jenis ular, mulai dari ular yang tidak berbahaya hingga ular yang memiliki bisa mematikan.
 
Tiga jenis ular tersebut, yakni ular hanjaliwan atau tedung dengan panjang 80 centimeter, ular piton sepanjang 3,6 meter hingga ular kobra dengan panjang 1,3 meter.
 
Usai dievakuasi, ular-ular tersebut diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Tengah untuk kemudian dilepasliarkan ke habitatnya yang jauh dari permukiman warga.
 
"Alhamdulillah selama ini belum ada laporan warga yang digigit ular," demikian Sucipto.

Baca juga: Wali Kota sebut inflasi di Palangka Raya terkendali

Baca juga: Wali Kota Palangka Raya prioritaskan penanganan korban banjir

Baca juga: Masyarakat Palangka Raya diminta ikut gotong-royong bantu korban banjir