Wali Kota sebut inflasi di Palangka Raya terkendali

id Wali Kota sebut inflasi di Palangka Raya terkendali, kalteng, Palangka raya, hera

Wali Kota sebut inflasi di Palangka Raya terkendali

Penjabat Wali Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu (kanan) memantau harga dan stok bahan pangan di salah satu pasar di Palangka Raya. ANTARA/Rendhik Andika

Palangka Raya (ANTARA) - Penjabat Wali Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng) mengatakan bahwa situasi inflasi di kota setempat saat ini terkendali.

“Alhamdullilah sampai awal Ramadhan ini, inflasi kita terkendali dan bagus,” kata Hera di Palangka Raya, Jumat.

Dia mengatakan, inflasi yang stabil dan tidak signifikan ini karena kerja keras Pemerintah Kota Palangka Raya bersama berbagai pihak terkait lainnya dalam mengelola kebijakan ekonomi dan mengendalikan harga-harga di pasaran.

"Ini juga menunjukkan bahwa langkah-langkah yang telah diambil bersama dalam mengelola ekonomi daerah telah memberikan hasil yang signifikan," katanya.

Hera menambahkan bahwa dari segi komoditas-komoditas penting seperti beras, cabai, bawang, ayam, dan sembako secara umum terdapat ketersediaan yang cukup dan aman. Hal ini memberikan kepastian kepada masyarakat terkait kebutuhan pokok di pasaran.

“Saya ingin memberikan kepastian kepada masyarakat bahwa komoditas-komoditas penting seperti beras, cabai, bawang, ayam, dan sembako secara umum aman di pasaran,” katanya.

Baca juga: Wali Kota Palangka Raya prioritaskan penanganan korban banjir

Pemerintah Kota Palangka Raya akan terus memantau dan berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan untuk memastikan ketersediaan dan stabilitas harga-harga di pasaran.

Hera juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus bersinergi dalam menjaga stabilitas ekonomi daerah dan mendukung upaya Pemerintah Kota dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Dia mengatakan, di antara program unggulan Pemkot Palangka Raya dalam mengendalikan inflasi adalah dengan dibukanya Gerai Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID).

Gerai TPID ini tersebar di dua tempat. Pertama di kawasan Pasar Kahayan dan kedua di Pasar Kalampangan. Di gerai ini, pemerintah dan pihak terkait lain menjual berbagai kebutuhan pokok masyarakat sesuai HET.

Selain itu, Pemkot Palangka Raya melalui dinas terkait juga terus menggelar pasar murah atau pasar penyeimbang di lokasi-lokasi yang telah ditetapkan sebelumnya.

Baca juga: Masyarakat Palangka Raya diminta ikut gotong-royong bantu korban banjir

Baca juga: 1.500 paket sembako disalurkan kepada korban banjir di Palangka Raya

Baca juga: DPRD dorong percepat pembangunan jaringan listrik di pelosok Kalteng