1.500 paket sembako disalurkan kepada korban banjir di Palangka Raya

id 1.500 paket sembako disalurkan kepada korban banjir di Palangka Raya, kalteng, Palangka raya, banjir

1.500 paket sembako disalurkan kepada korban banjir di Palangka Raya

Penjabat Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu, pada saat menyerahkan bantuan kepada warga terdampak banjir di Jalan Wisata I, Kelurahan Pahandut Seberang, Kecamatan Pahandut, Kota Palangka Raya, Kamis (14/3/2024). ANTARA/Rajib Rizali

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Palangka Raya bersama Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah (Kalteng) dan Polresta setempat, menyalurkan bantuan sebanyak 1.500 paket sembako kepada warga yang menjadi korban banjir di daerah setempat.

Penyaluran bantuan sembako disalurkan oleh Kapolda Kalteng, Irjen Pol Djoko Poerwanto, melalui DIrektur Binmas, Kombes Pol Ebet dan Penjabat Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu.

"Sembako kami salurkan ke warga di tiga lokasi yang saat ini masih terendam banjir," kata Hera Nugrahayu, usai menyerahkan bantuan di Palangka Raya, Kamis.

Dijelaskannya, tiga wilayah tersebut yakni di Jalan Pelatuk, Kelurahan Palangka, Kecamatan Jekan Raya, Jalan Wisata I, Kelurahan Pahandut Seberang dan Jalan Raya Tumbang Rungan, Kelurahan Tumbang Rungan, Kecamatan Pahandut.

Sementara, 1.500 paket sembako tersebut, terdiri dari 1.300 bantuan dari Pemkot Palangka Raya dan 200 paket sembako dari Polda Kalteng. Bantuan itu disalurkan mengingat saat ini kondisi jumlah pengungsi di enam posko kian bertambah akibat meningkatnya debit air.

"Kami akan memastikan semua warga yang terdampak banjir akan mendapatkan bantuan," tegasnya.

Baca juga: PPPK Guru se-Kalteng pertanyakan SK kapan keluar

Lebih lanjut Hera mengatakan, berdasarkan perkiraan cuaca, curah hujan di Kota Palangka Raya pada Maret ini masih cukup tinggi. Untuk itu, pihaknya akan mengantisipasi memperpanjang situasi tanggap darurat banjir di Kota Palangka Raya.

Berdasarkan kondisi tersebut, dirinya mengimbau kepada masyarakat terdampak banjir yang saat ini masih berada di rumahnya, untuk segera mengungsi apabila kenaikan debit air dinilai cukup membahayakan jiwa.

"Jika masyarakat yang terdampak terpaksa untuk bertahan, kami tetap berkomitmen untuk memastikan logistik tersampaikan," jelasnya.

Sementara itu, Kapolda Kalteng, Irjen Pol Djoko Purwanto melalui Kabid Humas, Kombes Pol Erlan Munaji mengatakan, penyaluran bantuan paket sembako ini merupakan wujud kepedulian Polri dan Pemerintah.

Pihaknya juga telah mengerahkan sejumlah personel guna membantu pemerintah dalam mengevakuasi warga yang terjebak dalam banjir. Pihaknya juga turut melakukan pemantauan debit air di sungai-sungai yang ada di Kota Palangka Raya.

"Diharapkan melalui bantuan yang disalurkan ini dapat meringankan masyarakat yang terdampak banjir di Kota Palangka Raya," demikian Kombes Pol Erlan Munaji.

Baca juga: PPPK Guru se-Kalteng pertanyakan SK kapan keluar

Baca juga: Polda Kalteng antisipasi gangguan kamtibmas selama Ramadhan

Baca juga: Disdik ingatkan pelajar di Palangka Raya tak balap liar di libur Ramadhan