Arus balik Lebaran mulai terjadi di Bandara Tjilik Riwut

id bandara tjilik riwut, arus balik, lebaran 2024, palangkaraya, kalteng, kalimantan tengah, ap II, angkasa pura

Arus balik Lebaran mulai terjadi di Bandara Tjilik Riwut

ILUSTRASI - Aktivitas penumpang di Bandara Tjilik Riwut. (ANTARA/Auliya Rahman)

Palangka Raya (ANTARA) -
Suasana arus balik mulai terjadi di Bandara Tjilik Riwut Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah pada periode Lebaran 2024 yang ditandai pergerakan penumpang mencapai sekitar 2.600 orang per harinya.
 
"Minggu (14/4) kemarin pergerakan penumpang mencapai 2.603 orang, dengan sebanyak 20 aktivitas penerbangan," kata kata Executive General Manager (EGM) Bandara Tjilik Riwut, Ardha Wulanigara di Palangka Raya, Senin.
 
Pergerakan penumpang di Bandara Tjilik Riwut kembali melonjak, setelah beberapa hari sebelumnya cukup landai. Terhitung sejak 3-8 April pergerakan penumpang rata-rata di atas 2.000 orang per hari dan 9-13 April menurun di bawah 2.000 penumpang per hari.
 
"Dan pergerakan penumpang kemarin kembali di atas 2.000 orang. Kondisi ini tampaknya juga dipicu hampir berakhirnya masa cuti bersama," tuturnya.
 
Sementara itu hingga saat ini aktivitas penumpang dan penerbangan di Bandara Tjilik Riwut berjalan aman serta lancar. Petugas gabungan juga tetap siaga memberikan pelayanan kepada masyarakat.
 
Bandara Tjilik Riwut menyiagakan posko gabungan di area terminal untuk menjaga kenyamanan penumpang sekaligus memastikan kelancaran penerbangan selama periode arus mudik Lebaran 2024.
 
"Posko gabungan ini kami siagakan sejak 3-18 April 2024," jelas Ardha.

Baca juga: Wabup Kotim pimpin gerakan bersih-bersih Pantai Ujung Pandaran
 
Tim gabungan yang terdiri dari personel Angkasa Pura II, TNI, Polri, Dinas Perhubungan, Basarnas, serta lainnya dilibatkan dan bertugas selama disiagakannya posko tersebut.
 
Ardha menjelaskan, posko gabungan ini di antaranya juga sebagai sarana berbagai informasi yang diperlukan para penumpang, maupun untuk mengantisipasi kendala ataupun hal lainnya yang bisa saja terjadi di lapangan.
 
"Keberadaan posko ini sebagai bagian dari upaya kami untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat pada periode arus mudik Lebaran," jelasnya.
 
Selama periode arus mudik Lebaran ini juga, jam operasional Bandara Tjilik Riwut mengalami penambahan jika dibanding hari biasanya. Jika normalnya jam operasional 07-17.30 wib, maka untuk saat ini berubah menjadi 07.00-19.00 wib.

Baca juga: Objek wisata di Palangka Raya ramai pengunjung

Baca juga: Kapal perdana arus balik turunkan 261 penumpang di Pelabuhan Sampit

Baca juga: Arus balik di ruas jalan Barito Timur-Palangka Raya mulai ramai