Pemkab Kobar anggap penting memberikan pelayanan kepemudaan

id Pemkab Kobar anggap pentingmemberikan pelayanan kepemudaan, kalteng, kobar, Kotawaringin Barat, Pangkalan Bun, pemuda

Pemkab Kobar anggap penting memberikan pelayanan kepemudaan

Pelaksana Tugas Asisten II Pemkab Kobar Kamaluddin. ANTARA/HO-Istimewa.

Pangkalan Bun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah menganggap memberikan pelayanan kepemudaan di wilayah setempat merupakan hal yang penting untuk dilakukan.

"Mempersiapkan generasi muda agar memiliki kapasitas dan kapabilitas yang berkualitas, berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam menghadapi segala tantangan yang ada di masa mendatang, perlu kita persiapkan sejak dini dengan menyusun strategi yang lebih terstruktur," kata Pelaksana Tugas Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kotawaringin Barat, Kamaludin di Pangkalan Bun, Senin.

Menurutnya, pemuda yang berkualitas yaitu yang kreatif, inovatif, handal, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan serta kebangsaan.

Kamal mengatakan, pada 2045 nanti Pemerintah Indonesia telah menggadangkannya sebagai tahun emas. Tentunya, akan ada banyak tantangan yang harus dihadapi dalam mewujudkan itu semua. Salah satunya, dengan mempersiapkan generasi muda yang berkualitas. 

“Oleh karena itu sudah saatnya pemerintah daerah dan masyarakat untuk bersinergi dalam memberikan pelayanan kepemudaan di negeri ini. pembangunan pemuda adalah tugas bersama," ucapnya.

Baca juga: Pemkab Kobar dukung tindakan tegas terhadap pencuri buah sawit

Dia menyampaikan, sebagaimana tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 43 Tahun 2022 tentang koordinasi strategi lintas sektor penyelenggaraan pelayanan kepemudaan telah memberikan amanat dan arahan.

"Yaitu agar semua pihak termasuk perangkat daerah memperkuat sinergi dalam memberikan pelayanan kepemudaan tersebut," ujarnya.

Kamal menambahkan, saat ini udah waktunya untuk saling bahu-membahu untuk berkontribusi sesuai dengan tugas pokok dan fungsi kita masing-masing dalam pembangunan kepemudaan di negeri junjungan ini. 

"Hilangkan ego sektoral, dan tunjukkan kerjasama dan kolaborasi yang baik dalam mencapai cita-cita pembangunan daerah sebagaimana yang telah kita sepakati bersama,” ungkapnya lagi.

Untuk itu dia mendukung pelaksanaan rapat sosialisasi dan pendampingan penyusunan Rencana Aksi Daerah (RAD) Pelayanan Kepemudaan tahun 2024 oleh Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) belum lama ini.

Baca juga: DPUPR Kobar: Simba permudah masyarakat dapatkan informasi tata ruang

Baca juga: Empat pelaku penyerangan Polsek Pangkalan Banteng di amankan

Baca juga: BPBD Kobar minta masyarakat tingkatkan kewaspadaan hadapi banjir