Ketua DPRD Palangka Raya ajak masyarakat jaga daerah tetap kondusif saat Pilkada 2024

id dprd palangka raya, ketua dprd sigit k yunianto, pilkada 2024, palangkaraya

Ketua DPRD Palangka Raya ajak masyarakat jaga daerah tetap kondusif saat Pilkada 2024

Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit Karyawan Yunianto. (ANTARA/HO-Sekretariat DPRD Kota Palangka Raya)

Palangka Raya (ANTARA) -
Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sigit Karyawan Yunianto mengajak seluruh masyarakat di daerah ini untuk ikut serta dalam menjaga situasi tetap kondusif, baik sebelum, saat dan setelah Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.
 
"Beberapa bulan lagi kita melaksanakan Pilkada di Kota Palangka Raya, mari kita jaga situasi aman kondusif di wilayah kita," katanya di Palangka Raya, Senin.
 
Dia menjelaskan, dalam menjaga daerah agar tetap kondusif dapat dilakukan dengan tidak ikut menyebarkan hoaks atau informasi bohong yang beredar di media sosial.
 
Pasalnya hal tersebut dinilai dapat menjadi polemik di kalangan masyarakat yang berujung pada keributan antar pendukung bakal pasangan calon yang dikhawatirkan dapat terjadi tindak kriminalitas.
 
"Jangan sampai nanti terjadi keributan dan terjadi penganiayaan antar pendukung bakal pasangan calon. Ini kan merugikan semua pihak," ucapnya.

Baca juga: Pasien diabetes manfaatkan jaminan pengobatan JKN selama enam tahun
 
Dia meyakini masyarakat mampu menyikapi persoalan di tahun politik dan bersikap dewasa agar tidak menjadi korban politik.
 
Lebih lanjut, peran tokoh masyarakat sangat besar pengaruhnya dalam menciptakan kerukunan, dan kekompakan.
 
"Hal tersebut dapat dilakukan dengan sosialisasi dan pemahaman yang positif, agar masyarakat tidak tersulut emosi," ujarnya.
 
Sekretaris DPD PDI Perjuangan Kalimantan Tengah ini menyampaikan, boleh berbeda pandangan dalam memilih satu sama lain, hanya saja jangan sampai menimbulkan sesuatu yang berdampak pada stabilitas keamanan.
 
"Mari kita ciptakan pilkada di Kota Palangka Raya yang aman, damai dan nyaman. Kepada tokoh masyarakat untuk memberikan edukasi yang baik supaya meredam panasnya suasana politik," demikian Sigit Karyawan Yunianto.