Warga desa di Lahei dan Lahei Barat minta bibit padi dan sawit

id edi fran aji,bibit pertanian,perkebunan,kecamatan lahei,lahei barat,barut,barito utara,kalteng,anggota dprd

Warga desa di Lahei dan Lahei Barat minta bibit padi dan sawit

Anggota DPRD Barito Utara Edi Fran Aji.ANTARA/HO

Muara Teweh (ANTARA) - Anggota DPRD Barito Utara Edi Fran Aji mengatakan warga di Kecamatan Lahei dan Lahei Barat minta bibit pertanian yakni padi sawah dan padi ladang, sedangkan perkebunan karet dan kelapa sawit yang merupakan usaha masyarakat setempat.

"Saat untuk lahan pertanian dan perkebunan di daerah ini sangat luas, seperti halnya kebun sawit dan karet milik warga," kata Edi Fran Aji di Muara Teweh, Selasa.

Menurut dia, untuk Kecamatan Lahei jumlah kebun karet semakin bertambah begitu juga dengan beberapa wilayah kecamatan lainnya di Kabupaten Barito Utara.

Oleh karena itu, katanya, masyarakat juga membutuhkan bibit seperti sawit yang berkualitas, agar produksi lebih meningkat. Begitu juga dengan tanaman padi harus pula yang bibit yang berkualitas.

Selain itu untuk Kecamatan Lahei Barat dan Lahei warga banyak mengusulkan agar ketersediaan bibit lebih banyak lagi. Hal ini sesuai banyaknya luasan lahan yang saat ini makin bertambah.

"Usulan warga mengenai ketersediaan bibit sudah kita sampaikan kepada instansi terkait yang membidangi. Mudah mudahan dalam tahun ini bisa direalisasikan oleh Dinas Pertanian Barito Utara atas usulan warga tersebut," kata Edi.

Sebagai mantan petani, dirinya sangat memahami keinginan dari warga masyarakat khususnya para petani untuk tambahan bibit yang berkualitas, agar ke depannya kesejahteraan petani lebih meningkat.

Ia juga menyinggung dengan sejumlah wilayah sudah lebih baik pertaniannya. Seperti halnya pembuatan jalan usaha tani. Dengan program ini maka bisa meningkatkan hasil produksi.

Baca juga: Anggota DPRD Barut apresiasi pelaksanaan FBIM 2024

Baca juga: Pemkab Barut berikan pembekalan bagi peserta pemagangan dalam negeri

Baca juga: Empat bahasa lokal di Barut dipertimbangkan jadi muatan lokal sekolah

Baca juga: DPRD Barito Utara susun kegiatan masa sidang 13 Mei - 5 Juni 2024