Distan Kobar tanam 8.300 batang bibit cabai di area sport center

id Dinas Pertanian Kotawaringin Barat, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kobar, Kalimantan Tengah, Distan Kobar tanam 8.300 batang bibit cabai

Distan Kobar tanam 8.300 batang bibit cabai di area sport center

Dinas Pertanian saat melakukan penanaman bibit cabai rawit di area sport center Pangkalan Bun, Sabtu (25/11 2023). ANTARA/HO-Distan Kobar.

Pangkalan Bun (ANTARA) - Dinas Pertanian Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah, sudah mulai melakukan penanaman bibit cabai rawit sebanyak 8.300 batang di atas lahan satu hektar di Area Sport Center Pangkalan Bun.

Pembukaan demplot percontohan tanaman hortikultura di kawasan Sport Center Pangkalan ini bagian percontohan pemanfaatan lahan tidur milik atau aset pemerintah daerah, kata Kabid Hortikultura Distan Kobar Adi Budiarto di Pangkalan Bun, Kamis.

"Jadi, kami memang berupaya secara optimal memanfaatkannya guna mendukung ketahanan pangan di Kabupaten Kobar," ucapnya.

Adi mengatakan, untuk demplot percontohan tersebut, di siapkan lahan seluas 5,5 hektar oleh pemerintah, yang di gunakan untuk penanaman bibit cabai serta sayur sayuran lainnya.

"Untuk penanaman bibit cabai rawit luasnya sekitar 1 hektare, sedang sisanya sekitar 4,5 hektare akan dimanfaatkan oleh para petani yang tergabung dalam kelompok tani sayur sayuran, sehingga sisa lahan yang ada akan di tanam dengan berbagai jenis sayuran," ucapnya.

Penanaman bibit cabai tersebut dicanangkan pertama kali oleh Pj Bupati Kotawaringin Barat Budi Santosa beberapa waktu lalu, sehingga penanaman selanjutnya merupakan kegiatan lanjutan.

Baca juga: Dinas PUPR Kobar gerak cepat tindak lanjut keluhan masyarakat

Adi menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan untuk sarana dan prasarana baik benih, pupuk dan lain sebagainya di bantu oleh Dinas Pertanian Kobar. Apalagi wilayah Kobar telah di buka 10 kebun percontohan tanaman Hortikultura, akan tetapi di kawasan Sport Center Pangkalan Bun ini, arealnya yang paling luas. 

"Tujuan membuka percontohan demplot di area sport center ini, dengan maksud untuk mengendalikan inflasi serta menstabilkan harga di pasaran, selain itu melalui demplot percontohan tanaman hortikultura ini sebagai upaya dalam pencegahan kasus stunting," demikian Adi Budiarto.

Baca juga: Kesbangpol Kobar gandeng BNN lakukan tes urine terhadap ASN

Baca juga: Percepat penyaluran anggaran, Pemkab Kobar segera terbitkan KKP

Baca juga: Sebanyak 33 perusahaan di Kobar memiliki tunggakan pajak daerah