Distan Kapuas bagikan bibit tanaman dukung pencegahan stunting

id Dinas Pertanian Kapuas, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, kapuas, kalteng, stunting di kapuas, stunting

Distan Kapuas bagikan bibit tanaman dukung pencegahan stunting

Penyerahan bibit tanaman buah dari Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas untuk disalurkan ke warga di Kecamatan Pulau Petak, beberapa waktu lalu. ANTARA/HO-Distan Kapuas.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, turut mendukung pencegahan stunting atau kini disebut gagal tubuh dan berkembang (Gatumbang) di Kecamatan Pulau Petak, dengan cara memberikan bantuan bibit tanaman kepada warga di tujuh desa.

"Utuk tersedianya makanan yang baik yang diperlukan, kita memberikan bantuan bibit tanaman ke tujuh desa merupakan lokus stunting di Kecamatan Pulau Petak,” kata Kepala Dinas Pertanian Kapuas, Yaya, melalui Kabid Holtikultura, Dwi Purnamasari, di Kuala Kapuas, Jumat (29/9).

Dikatakan, upaya dalam mencegah kekurangan gizi yang menimbulkan gagal tumbuh berkembang dalam jangka waktu lama, adalah sesuai dengan tugas dan fungsi (tupoksi) di bidang perkebunan Holtikultura.

"Kita memberikan bibit tanaman sayuran dan buah sekaligus pemanfaatan pekarangan dengan menanam tumbuhan bermanfaat," katanya.

Dalam kegiatan itu, Distan Kapuas juga bekerja sama dengan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dalam program meningkatkan kesejahteraan bagi keluarga untuk meningkatkan ekonomi keluarga.

"Dengan tersedianya tanaman yang ditanam sekaligus pemanfaatan pekarangan, banyak manfaat yang didapat.  Selain dari hasil dari tanaman tersebut, juga memperbaiki kualitas lingkungan dengan adanya tanaman di sekitar lingkungan," terangnya.

Baca juga: Minimalisir dampak asap, Dinkes Kapuas ingatkan masyarakat gunakan masker

Sementara itu, Camat Pulau Petak, Marce mengatakan, lokus stunting ada tujuh desa dalam wilayah Kecamatan Pulau Petak, meliputi  Desa Saka Lagun, Desa  Bunga Mawar, Desa Anjir Palambang, Desa  Sei Tatas Hulu, Desa Teluk Palingat, Desa Handiwung dan Desa Banama,

"Bantuan untuk desa tersebut sudah kita serahkan berupa tanaman, sayuran, pohon seperti sirsak dan jenis lainnya juga, serta diberi pula bantuan berupa pupuk dan kapur," kata Marce.

Melalui bantuan yang diberikan, diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan bagi keluarga untuk meningkatkan ekonomi keluarga. Sehingga tujuan utama lokus stunting dapat tercapai sesuai dengan harapan bersama.

Baca juga: Penjabat bupati ajak semua elemen bersatu padu bangun Kapuas

Baca juga: Dinas Pertanian Kapuas kembali lanjutkan pembangunan RPU di Telo Baru

Baca juga: Penjabat Bupati Kapuas disambut tradisi potong pantan