Imigrasi Palangka Raya gandeng Ombudsman perkuat Zona Integritas menuju WBBM

id Imigrasi Palangka Raya gandeng Ombudsman perkuat Zona Integritas menuju WBBM, kalteng, Palangka raya, imigrasi

Imigrasi Palangka Raya gandeng Ombudsman perkuat Zona Integritas menuju WBBM

Imigrasi Palangka Raya gandeng Ombudsman perkuat Zona Integritas menuju WBBM di Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Palangka Raya, Rabu (22/5/2024). ANTARA/HO-Kanim Imigrasi Palangka Raya

Palangka Raya (ANTARA) - Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng) menggandeng Ombudsman Perwakilan Kalteng dalam rangka penguatan program Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dan Bersih Melayani (WBBM) pada 2024.

"Kami telah melaksanakan Penguatan Pembangunan Zona Integritas menuju WBBM yang diselenggarakan pada (22/5) di ruang layanan Imigrasi Palangka Raya pukul 16.00 WIB," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Palangka Raya Mulyadi di Palangka Raya, Rabu.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh pegawai Imigrasi Palangka Raya baik pejabat struktural, jabatan fungsional umum (JFU), jabatan fungsional tertentu (JFT) dan pegawai pemerintah non pegawai negeri (PPNPN).

Dia mengatakan, pelaksanaan reformasi birokrasi mempunyai peranan penting dalam mewujudkan birokrasi yang bersih, akuntabel, berkinerja tinggi, efektif dan efisien, serta pelayanan publik yang berkualitas.

Salah satu langkah percepatan reformasi birokrasi yang dilaksanakan adalah melalui pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani.

Dia mengungkapkan, pada 2021 Kantor Imigrasi Kelas Non TPI Palangka Raya telah berhasil mendapatkan predikat WBK. Setelah berjalan hampir tiga tahun saat ini pihaknya juga sedang membangun komitmen bersama untuk mewujudkan predikat WBBM pada 2024 ini.

Baca juga: Imigrasi Palangka Raya terus berupaya tingkatkan pelayanan paspor

"Dengan hadirnya narasumber yang berkompeten dalam kegiatan penguatan pembangunan ZI menuju WBBM, kita bisa saling berdiskusi meningkatkan pemahaman terkait ZI serta bagaimana dapat meningkatkan pelayanan publik yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat," katanya.

Terdapat dua narasumber pada kegiatan itu yakni Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah Raden Biroum Bernardianto dan Kepala Bagian Program dan Hubungan Masyarakat Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah Diana Soekowati. Sebagai moderator kegiatan adalah Sekretaris ZI Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Palangka Raya Prabowo.

Pada paparan pertama, Biroum menjelaskan bahwa pembangunan ZI tentunya membutuhkan perhatian yang tinggi dalam melaksanakan beberapa langkah pembangunan.

"Dalam membangun komitmen antara pimpinan dan pegawai, mengetahui dan melengkapi unsur-unsur komponen pengungkit dan komponen hasil dalam pembangunan ZI, serta membuat berbagai inovasi sebagai langkah perbaikan pelayanan publik dan pencegahan korupsi," katanya.

Sementara itu, Diana Soekowati membahas mengenai kelengkapan data dukung pada ERB harus disesuaikan dengan indikator yang diminta.

"Untuk itu, penulisan laporan juga harus diperhatikan sesuai dengan tata naskah dinas elektronik (TNDE), cermat dan teliti," katanya.

Baca juga: Imigrasi Palangka Raya laksanakan operasi Jagratara tingkatkan kepatuhan orang asing

Baca juga: Permohonan m-paspor di Palangka Raya per hari mencapai 50 orang

Baca juga: Imigrasi-Pemkab Barut koordinasikan sarana Unit Kerja Keimigrasian