Tim SAR gabungan temukan jasad korban perahu terbalik

id Tim SAR gabungan temukan jasad korban perahu terbalik, kalteng, katingan, kasongan, sar

Tim SAR gabungan temukan jasad korban perahu terbalik

Evakuasi jasad korban oleh petugas di bantaran Sungai Katingan, Selasa (4/6/2024) sore. ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Kasongan (ANTARA) - Pencarian oleh Tim Gabungan dari TNI/Polri, BPBD, Basarnas dan Damkar serta dibantu masyarakat desa terhadap Roni Susanto (23) korban perahu terbalik di Sungai Katingan, Kabupaten Katingan, Kalteng membuahkan hasil, tepatnya pada Selasa (4/6) sekira pukul 16.55 WIB dalam keadaan meninggal dunia. 

Warga Desa Tewang Beringin, Kecamatan Tewang Sanggalang Garing, Kabupaten Katingan tersebut ditemukan kurang lebih empat kilometer dari lokasi awal korban diduga tenggelam, Kapolsek Tewang Sanggalang Garing dan Pulau Malan, Ipda Didik Suhardianto di Kasongan, Selasa.

"Korban sebelumnya dinyatakan hilang tenggelam sejak Senin 02 Juni 2024, sekira pukul 02.30 WIB dini hari. Saat itu korban bersama Lima temannya menggunakan perahu ces untuk menyeberangi aliran sungai Desa Tewang Baringin," katanya. 

Dia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak terkait, baik secara langsung maupun tidak langsung atas bantuannya dalam melakukan pencarian korban dari awal hingga ditemukannya. 

"Kasus warga tenggelam di Kecamatan Tewang Sanggalang Garing dan Pulau Malan pada tahun ini sebanyak tiga kali. Pertama dan kedua diduga indikasi sakit menahun. Kemudian yang ketiga ini murni karena kecelakaan air," katanya.

Baca juga: Sepulang nonton konser, warga Katingan diduga tenggelam akibat perahu karam

Masyarakat yang menggunakan angkutan air pun diminta waspada dan berhati-hati serta menggunakan alat keselamatan guna mengantisipasi berbagai potensi dan ancaman kecelakaan di daerah aliran sungai.

Sebelumnya, Roni Susanto bersama lima orang temannya warga Desa Tewang Beringin, Kecamatan Tewang Sangalang Garing, mengalami musibah saat menumpangi alat transporasi air perahu ces atau alkon.

Perahu ces yang ditumpangi untuk menyeberangi sungai DAS Katingan diduga kelebihan muatan. Akibatnya, air masuk dari depan perahu dan karam atau tenggelam.

Akibat kejadian itu semua korban berusaha menyelamatkan diri. Lima orang berhasil selamat, namun korban atas nama Roni Susanto tenggelam saat kejadian.

Diketahui, para korban ini sebelumnya usai menonton konser Kangen Band dalam rangka peluncuran maskot dan jingle Pilkada 2024 di Kota Kasongan, Minggu (2/6) malam. 

Baca juga: Tim SAR cari korban kapal terbalik di Sungai Katingan

Baca juga: KPU Katingan targetkan partisipasi masyarakat pada Pilkada 2024 mencapai 80 persen

Baca juga: Satpol PP Katingan perketat pengawasan reklame