Pj Bupati Kapuas: Sektor UMKM berkontribusi besar pada perekonomian daerah

id pemkab kapuas, pj bupati kapuas erlin hardi, pameran umkm kapuas, kuala kapuas, disdagperinkop kapuas, umkm

Pj Bupati Kapuas: Sektor UMKM berkontribusi besar pada perekonomian daerah

Pj Bupati Kapuas, Erlin Hardi, meninjau pameran UMKM yang digelar Disdagprinkop dan UKM Kabupaten Kapuas, Sabtu (15/6/2024). (ANTARA/All Ikhwan)

Kuala Kapuas (ANTARA) -
Penjabat (Pj) Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah, Erlin Hardi, menginstruksikan Dinas Perdagangan, Prindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagperinkop UKM) setempat senantiasa membina dan memperdayakan UMKM.
 
“Agar memiliki peran dalam menjaga keberlanjutan roda perekonomian,” kata Pj Bupati Erlin Hardi di Kuala Kapuas, Sabtu.
 
Hal itu ia sampaikan usai membuka kegiatan pameran UMKM dan pasar murah dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah yang dipusatkan di halaman kantor Disdagperinkop dan UKM Kapuas.
 
Dikatakannya, dalam beberapa tahun terakhir ini UMKM telah menjadi pilar utama dan berkontribusi besar dalam penciptaan lapangan kerja, pendapatan dan pengembangan ekonomi daerah.
 
“Seiring perkembangan zaman jumlah UMKM di daerah setempat sudah mencapai 33.125 UMKM. Tentunya kegiatan ini terus kami dorong untuk setiap tahun dari sisi kualitas dan kuantitasnya itu harus selalu ditingkatkan,” katanya.

Baca juga: Guru PPPK di Kapuas harus selalu berinovasi dalam metode mengajar
 
Sementara itu, Kepala Disdagperinkop dan UKM Kapuas, Apendi mengatakan, pihaknya terus berupaya meningkatkan keberadaan UMKM di daerah setempat. Salah satunya dengan menggelar pameran UMKM ini.
 
“Kami terus berupaya meningkatkan UMKM ini agar naik kelas dan juga mereka kami persiapkan mengikuti Jambore UMKM bulan depan. Setelah itu kita pilih yang unggulan untuk mengikuti gebyar UMKM tingkat provinsi,” kata Apendi.
 
Terkait pasar murah, Apendi menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan untuk mengantisipasi kenaikan harga bahan pokok menjelang hari besar keagamaan.
 
“Biasanya setiap hari besar keagamaan ada kenaikan harga pokok. Sehingga kita antisipasi didukung oleh Bapak Pj Bupati kita laksanakan kegiatan pasar murah ini,” demikian Apendi.

Baca juga: Dinas PUPRPKPP Kapuas data dan verifikasi para tukang bangunan

Baca juga: Pemkab Kapuas gelar Gerakan Pangan Murah serentak bantu penuhi kebutuhan masyarakat

Baca juga: Pj Bupati Kapuas pastikan siap dukung program desa bersifat positif