Legislator Kalteng minta pemda kembangkan sektor pertanian agar mampu bersaing

id DPRD Kalimantan Tengah, DPRD Kalteng, Kalteng, Kalimantan Tengah

Legislator Kalteng minta pemda kembangkan sektor pertanian agar mampu bersaing

Anggota DPRD Kalimantan Tengah Wisman. ANTARA/HO.

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota Komisi II DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng), Wisman, mengharapkan konsep pengembangan sektor pertanian di provinsi ini mampu membawa perubahan besar untuk kemajuan pada peroekonomian daerah.

Pengembangannya harus mampu membuat pertanian Kalteng mampu bersaing dengan daerah lain dan mampu mencukupi kebutuhan dalam daerah terkhusus untuk produk pangan, kata Wisman di Palangka Raya, Rabu.

"Itu penting untuk pemerintah daerah, memerhatikan hal-hal yang berkaitan dengan infrastruktur serta sarana dan prasarana pendukung di pertanian," tambahnya.

Bantuan alat pertanian dan mesin pertanian sebisa mungkin diperbanyak lagi supaya dapat mengolah dan membuka lahan pertanian tanpa membakar. Demikian pula untuk bantuan bibit dan pupuk harus diberi secara rutin supaya pengembangannya terus berjalan. 

Politikus Partai Golkar ini menyebutkan, aspirasi masyarakat di bidang pertanian ini terbilang cukup besar, yang menandakan bahwa sektor ini menjadi salah satu sumber mata pencaharian masyarakat yang perlu mendapat perhatian pemerintah.

"Iya mengenai bantuan-bantuan seperti inikan selalu disuarakan masyarakat, mengingat mereka juga perlu sarana agar mata pencahariannya berkembang baik," kata Wisman.

Adanya aspirasi tersebut menandakan bahwasanya masyarakat sangat giat di sektor pertanian. Oleh sebab itu pemerintah harus mendukungnya, terlebih pula pemerintah juga menjadikan sektor pertanian sebagai salah satu prioritas pembangunan.

"Diharapkan pemerintah bisa melihat apa yang menjadi kebutuhan masyarakat. Pemerintah ingin pertanian berkembang pesat, maka perlu juga memerhatikan hal kecil seperti ini," demikian Wisman.