Legislator Gumas nilai pantarlih ujung tombak data pemilih berkualitas

id dprd gunung mas, rayaniatie djangkan, pantarlih, data pemilih, pemilu 2024, kuala kurun, gunung mas,gumas

Legislator Gumas nilai pantarlih ujung tombak data pemilih berkualitas

Legislator Kabupaten Gumas Rayaniatie Djangkan (kiri) menjalani proses coklit yang dilakukan pantarlih di kediamannya di Kuala Kurun, Senin (24/6/2024). (ANTARA/HO-PPK Kurun)

Kuala Kurun (ANTARA) -
Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Rayaniatie Djangkan mengapresiasi kinerja petugas pemutakhiran data pemilih atau pantarlih di daerah setempat, yang sejauh ini telah berupaya maksimal melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) terhadap warga.
 
“Pantarlih merupakan ujung tombak data pemilih yang berkualitas, untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 di daerah kita. Sudah menjadi kewajiban kita semua untuk mendukung pantarlih yang sedang melaksanakan coklit,” ucapnya saat dihubungi dari Kuala Kurun, Sabtu.
 
Politisi PAN itu sendiri sudah menjalani proses coklit, yang dilakukan oleh pantarlih setempat pada Senin (24/6) lalu. Dia menilai petugas telah menjalankan tugasnya yakni melakukan proses coklit dengan baik.
 
Pantarlih pasti menghadapi tantangan selama bertugas di lapangan, seperti cuaca panas, hujan, dan lainnya. Oleh sebab itu, Rayaniatie mengapresiasi para petugas yang hingga saat ini masih melakukan coklit hingga 25 Juli 2024 mendatang.
 
Dia pun meminta warga yang sudah memiliki hak pilih, untuk ikut membantu pantarlih dalam menyukseskan coklit. Salah satu caranya adalah dengan meluangkan waktu, menerima kedatangan petugas, dan menyiapkan dokumen kependudukan yang diperlukan.
 
“Sejatinya coklit ini bertujuan untuk memastikan kita, warga yang sudah memiliki hak pilih pada Pilkada Serentak 2024, terdata di dalam daftar pemilih. Ingat, satu suara akan menentukan pembangunan Kalteng dan Gumas ke depan,” kata dia.

Baca juga: Legislator Gumas apresiasi kesiapan Pulpis sebagai tuan rumah Pesparawi XVII Kalteng
 
Sebelumnya, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gumas Elfrinst G Tumon mengatakan sebanyak 320 orang pantarlih mulai melakukan coklit data pemilih di kabupaten setempat, untuk Pilkada Serentak 2024.
 
Dia menyebut, sebelum bertugas, ke-320 petugas pantarlih tadi terlebih dahulu mengikuti bimbingan teknis, supaya mereka mampu menjalankan tugas dengan baik dan benar.
 
"Coklit dilaksanakan mulai 24 Juni hingga 25 Juli 2024. Nantinya petugas pantarlih akan datang ke rumah-rumah. Jadi warga kami minta untuk mempersiapkan kartu tanda penduduk dan kartu keluarga," demikian Elfrinst.

Baca juga: Anggota DPR RI yakin empat pilar ampuh tangkal judi online

Baca juga: Pj Bupati Gumas berharap kedatangan anggota DPR RI berdampak positif bagi daerah

Baca juga: Legislator berharap Gumas raih gelar 'champions' pada Pesparawi XVII Kalteng