Waket DPRD Kalteng sebut pelaku usaha lokal masih memerlukan dukungan pemda

id Wakil Ketua DPRD Kalimantan Tengah, Abdul Razak, DPRD Kalimantan Tengah, DPRD Kalteng, Kalteng, Kalimantan Tengah

Waket DPRD Kalteng sebut pelaku usaha lokal masih memerlukan dukungan pemda

Wakil Ketua I DPRD Kalimantan Tengah Abdul Razak. ANTARA/Dokumentasi Abdul Razak

Palangka Raya (ANTARA) - Wakil Ketua DPRD Kalimantan Tengah Abdul Razak mendorong sekaligus meminta kepada pemerintah daerah, baik itu provinsi maupun kabupaten/kota, agar lebih aktif membuat kebijakan yang mendukung pengembangan usaha lokal sebagai penunjang peningkatan perekonomian daerah.

Melalui kebijakan yang terukur dapat melahirkan lingkungan usaha yang dinamis dan berkembang serta berkelanjutan bagi pertumbuhan ekonomi daerah, kata Abdul Razak di Palangka Raya, kemarin.

"Program berkelanjutan dan berjalan setiap tahun anggaran sangat dibutuhkan guna membangkitkan inovasi juga harus tetap dilakukan," ucapnya.

Menurut wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan III meliputi Kabupaten Kotawaringin Barat, Lamandau dan Sukamara itu, memberdayakan pelaku usaha lokal, termasuk menciptakan kolaborasi yang saling menguntungkan bagi perkembangan ekonomi lokal, pun harus tetap menjadi perhatian serius pemda.

Abdul Razak mengatakan, dalam hal ini komitmen pemerintah sangat dituntut untuk menyediakan fasilitas pendukung, pembinaan keterampilan wirausaha, serta promosi produk lokal. Bahkan penguatan kemitraan antara pemerintah, sektor swasta, dan lembaga pendidikan perlu didorong guna membangun infrastruktur ekonomi yang inklusif dan berdaya saing.

Bahkan Politikus senior Partai Golkar ini menyakini dengan dukungan yang tepat, termasuk promosi kewirausahaan sejak dini, Kalteng akan mampu membangun ekonomi yang berbasis pada potensi lokal dan daya saing yang tangguh.

Baca juga: Legislator Kalteng minta potensi lokal dioptimalkan demi meningkatkan daya saing

"Yang pasti kerja sama dan program yang berkelanjutan, maka kita akan mampu menciptakan peluang dan akses bagi pertumbuhan usaha lokal yang berkelanjutan," tegasnya.

Dengan potensi sumber ekonomi yang besar tentu sangat menjadi sesuatu yang menguntungkan untuk daerah, sehingga kebijakan pemerintah di bidang tersebut sangat dituntut supaya potensi yang ada tidak sia-sia.

"Intinya itu pemanfaatannya, karena kita sudah punya semua potensi untuk mendongkrak perekonomian," demikian Abdul Razak.

Baca juga: DPRD Kalteng minta keberadaan BUMDes harus dimaksimalkan bantu potensi warga

Baca juga: Legislator Kalteng minta guru turut berperan mendeteksi bakat siswa

Baca juga: Legislator Kalteng minta pemda lebih serius perkuat ketahanan pangan