Legislator Kalteng: Pentingnya menanamkan nilai moral sejak usia dini

id dprd kalteng, siti nafsiah, kalimantan tengah, nilai moral

Legislator Kalteng: Pentingnya menanamkan nilai moral sejak usia dini

Legislator Kalimantan Tengah Siti Nafsiah. ANTARA/Jaya WM.

Palangka Raya (ANTARA) -
Legislator Kalimantan Tengah Siti Nafsiah menekankan pentingnya menanamkan nilai-nilai moral pada anak sejak usia dini, sebagai fondasi utama dalam membentuk karakter dan kepribadian yang baik pada generasi muda.
 
"Nilai-nilai moral seperti kejujuran, tanggung jawab, dan empati harus diajarkan sejak dini. Anak-anak perlu dibimbing agar mereka tumbuh menjadi individu yang tidak hanya cerdas, tetapi juga berintegritas," katanya di Palangka Raya, Senin.

Ketua Komisi III DPRD Kalteng ini menjelaskan, dalam memberikan pendidikan nilai-nilai moral perlu dilakukan pendekatan intensif dan konsisten, sehingga anak dapat lebih mengerti tentang pentingnya hal tersebut.
 
Ini dapat dilakukan melalui contoh langsung dari orang tua sehingga anak mengerti dan memahami nilai-nilai moral untuk menjadi bekal di masa depan.
 
"Sekolah juga harus menyediakan program-program yang mengintegrasikan nilai-nilai moral. Jadi tidak hanya di rumah saja anak ini mendapatkan pendidikan moral," ucapnya.

Baca juga: Ketua DPRD Bartim ajak masyarakat hargai jasa pendahulu
 
Siti juga menekankan peran penting teknologi dalam proses pembelajaran saat ini, sebab hal tersebut dianggap dapat menunjang perkembangan anak.
 
Media sosial dan internet bisa menjadi alat yang efektif untuk mengajarkan nilai-nilai positif, namun juga bisa menjadi ancaman jika tidak diawasi dengan baik.
 
"Di era digital ini, kita harus bijak dalam memanfaatkan teknologi, jangan sampai justru hal ini membentuk karakter anak yang menjadi negatif," ujarnya.
 
Untuk itu politisi Partai Golongan Karya (Golkar) ini memberi beberapa tips praktis bagi orang tua dan pendidik dalam menanamkan nilai-nilai moral kepada anak-anak.
 
Hal tersebut dapat dilakukan dengan memberikan cerita-cerita inspiratif, kegiatan sosial, dan diskusi yang terbuka tentang pentingnya moralitas dalam kehidupan sehari-hari.
 
"Dengan menanamkan nilai-nilai moral sejak dini, kita berharap anak-anak kita bisa menjadi individu yang berkarakter kuat dan mampu menghadapi tantangan masa depan dengan baik," demikian Siti Nafsiah.

Baca juga: DPRD dan Pemkab Barut teken pakta integritas KUPA dan PPAS-P 2024

Baca juga: Pemkab Barut sampaikan rancangan APBD Perubahan 2024

Baca juga: DPRD Kalteng minta pemda laksanakan pembangunan secara merata