DPRD Kalteng minta MTQ KORPRI momen semakin tingkatkan kinerja ASN

id Wakil Ketua DPRD Kalimantan Tengah, Abdul Razak, DPRD Kalimantan Tengah, DPRD Kalteng, Kalteng, Kalimantan Tengah

DPRD Kalteng minta MTQ KORPRI momen semakin tingkatkan kinerja ASN

Wakil Ketua I DPRD Kalimantan Tengah, Abdul Razak (Batik coklat), saat menghadiri Launching MTQ VII KORPRI Tingkat Nasional Tahun 2024 di Provinsi Kalimantan Tengah, di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng, Selasa (6/8/2024). ANTARA/HO-Sekretariat DPRD Kalteng.

Palangka Raya (ANTARA) - Wakil Ketua DPRD Kalimantan Tengah, Abdul Razak mengharapkan sekaligus meminta pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-VII Korps Pegawai Negeri Indoneia (KORPRI) tingkat nasional, yang akan dilaksanakan di provinsi ini sebagai tuan rumah dapat meningkatkan kinerja aparatur sipil negara (ASN).

"Jadi semoga kegiatan ini tidak sekadar memperkuat keislaman dan keimanan, akan tetapi di lingkup aparatur sipil negara (ASN) kegiatan MTQ ini juga turut meningkatkan akhlak dan pengabdian sebagai abdi negara," kata Abdul Razak di Palangka Raya, Rabu.

Untuk itu,  dirinya meminta kepada seluruh ASN yang mengikuti kegiatan tersebut dapat lebih menghayati nilai-nilai kebaikan yang ada di Al-Quran sehingga dari situ akan meningkatkan kinerja dan tanggung jawab mereka sebagai abdi negara.

MTQ ini diyakini dapat menanamkan cinta membaca dan mengamalkan Al-Quran sehingga akan menjadi media bagi ASN untuk memperkuat mental dan spiritual yang nantinya turut menciptakan sumber daya manusia pegawai pemerintah yang unggul.

"Seseorang itu akan amanah dan bertanggung jawab ketika memiliki fondasi agama yang kuat, sehingga jiwa ingin melayani masyarakat itu akan meningkat," ucapnya

Ini artinya, menurut Abdul Razak, kegiatan MTQ KORPRI tingkat nasional tersebut tidak hanya dipandang sebagai sebuah perlombaan, namun bagaimana kegiatan tersebut juga diartikan sebagai sarana pembangunan SDM dan meningkatkan kinerja ASN.

Untuk itu dirinya menekankan MTQ KORPRI memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, serta menanamkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan ASN.

"Yang pasti dengan pemahaman Alquran serta nilai-nilai yang ada, bisa jadi inspirasi dan motivasi untuk berbakti dan memberikan karya terbaik dalam upaya pembangunan Kalteng," ujarnya.

Baca juga: DPRD Kalteng minta pemerintah waspada dampak buruk kemarau

Politikus Partai Golkar ini juga mengharapkan pemerintah provinsi selaku tuan rumah bisa mempersiapkan seluruh agenda kegiatan ini dengan baik. Seluruh peserta dari berbagai provinsi di Indonesia diharapkan bisa nyaman dengan pelayanan yang diberikan pemerintah.

DPRD bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah akan memberikan dukungan penuh dalam pelaksanaan MTQ KORPRI VII Tingkat Nasional tahun 2024 dengan mempersiapkan segala sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan ini, sehingga penyelenggaraannya berjalan dengan sukses seperti yang diharapkan bersama.

"Di satu sisi, biarpun ini perlombaan tapi kita tetap menjaga silaturahmi dan hubungan kekeluargaan. Saya berharap MTQ KORPRI ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar," demikian Abdul Razak.

Baca juga: Legislator Kalteng: Pentingnya menanamkan nilai moral sejak usia dini

Baca juga: DPRD Kalteng minta pemda laksanakan pembangunan secara merata

Baca juga: Waket DPRD Kalteng: Pemerataan pembangunan cegah kesenjangan sosial