HUT ke-79 RI momentum masyarakat Gumas berbenah

id pemkab gunung mas, pj bupati gumas herson b aden, hut 79 ri, hari kemerdekaan, kuala kurun

HUT ke-79 RI momentum masyarakat Gumas berbenah

Pj Bupati Gumas Herson B Aden menyerahkan Sang Merah Putih kepada anggota Paskibraka, untuk dikibarkan saat upacara HUT ke-79 RI di Kuala Kurun, Sabtu (17/8/2024).   (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Penjabat Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah Herson B Aden berharap Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia bisa menjadi momentum bagi masyarakat kabupaten setempat untuk terus berbenah diri.

HUT ke-79 RI sangat istimewa bagi masyarakat di Kalimantan, termasuk Gumas, sebab Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI diselenggarakan di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, ucapnya di Kuala Kurun, Sabtu.

“HUT ke-79 RI merupakan momentum bersejarah dan menggembirakan bagi kita semua, karena Bapak Presiden Joko Widodo langsung yang menjadi inspektur upacara di Kalimantan, tepatnya di IKN,” sambungnya.

Dia menyebut, HUT ke-79 RI mengusung tema “Nusantara Baru, Indonesia Maju”. Dengan tema tersebut, masyarakat Gumas hendaknya terus berbenah diri, mempersiapkan berbagai hal agar memiliki nilai dan berdaya saing.

Masyarakat Gumas, tutur dia, harus terus berbenah dan meningkatkan kualitas diri, mengingat kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’ memiliki potensi untuk menjadi daerah penyangga bagi IKN.

Baca juga: Penjabat Bupati Gumas berharap harmonisasi pembangunan infrastruktur semakin meningkat

Terlebih jika sudah ada jalan tol dari wilayah Kalteng ke Kaltim, penerbangan dari Kalteng menuju Kaltim berjalan lancar bahkan langsung ke IKN, maka peluang untuk menjadi daerah penyangga harus benar-benar dimanfaatkan.

“Secara khusus saya berpesan kepada generasi muda agar mempersiapkan diri, supaya ke depan siap menghadapi Indonesia Emas 2045. Begitu juga kita selaku orang tua harus mempersiapkan anak-anak,” kata Herson.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Lapangan Upacara Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Sabtu pagi.

Baca juga: DPRD Gumas ajak masyarakat baca peluang jadi penyangga IKN

Presiden Jokowi tiba di Mimbar Kehormatan sekitar pukul 10.56 WITA dengan didampingi Ibu Iriana Jokowi.

"Lapor, Upacara Detik-Detik Proklamasi dalam rangka peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia 2024 siap dimulai," kata Komandan Upacara Kolonel Inf Nur Wahyudi kepada Inspektur Upacara.

Tak lama kemudian terdengar letupan suara meriam yang menggema sebagai tanda peringatan Detik-Detik Proklamasi serta siap dimulainya upacara yang menandai momen bersejarah HUT Ke-79 Republik Indonesia secara perdana di IKN.

Ketua DPR RI Puan Maharani bertindak sebagai pembaca teks Proklamasi yang ditayangkan secara hybrid di IKN dan Jakarta.

Presiden Jokowi didampingi Presiden Terpilih Prabowo Subianto memimpin jalannya upacara dengan memandu prosesi mengheningkan cipta, serta menyaksikan pengibaran Sang Saka Merah Putih oleh Paskibraka Nasional.

Baca juga: Pj Bupati: Paskibraka di Gumas harus jadi pemimpin yang berintegritas

Baca juga: Semangat kerja PNS Gumas diharap lebih meningkat usai terima Satyalancana

Baca juga: Pemkab apresiasi komitmen Baznas Gumas bantu pelaku usaha mikro