Pemkab apresiasi komitmen Baznas Gumas bantu pelaku usaha mikro

id Pemkab apresiasi komitmen Baznas Gumas bantu pelaku usaha mikro, kalteng, gumas, Gunung mas

Pemkab apresiasi komitmen Baznas Gumas bantu pelaku usaha mikro

Sekda Gumas Richard menyerahkan bantuan program BJUM dari Baznas kabupaten, saat peluncuran program BJUM di Kuala Kurun, Jumat (9/8/2024). ANTARA/HO-Diskominfosantik Gumas

Kuala Kurun (ANTARA) - Penjabat Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Herson B Aden melalui Sekretaris Daerah Richard mengapresiasi komitmen Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kabupaten dalam membantu para pelaku usaha mikro di daerah setempat.

Komitmen tersebut tercermin pada program Baznas Jaga Usaha Mikro (BJUM) yang mulai dijalankan pada tahun 2024 ini, ucapnya saat dihubungi di Kuala Kurun.

“Saya minta kepada Baznas Gumas agar berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait, supaya program BJUM dapat berjalan efektif dan efisien, serta memberi manfaat secara maksimal bagi pelaku usaha mikro yang menjadi sasaran program,” sambungnya.

BJUM merupakan bantuan tambahan modal kepada pelaku usaha mikro yang sifatnya tidak dikembalikan. Melalui program ini, pelaku usaha mendapatkan bantuan usaha sebesar Rp500 ribu per penerima zakat.

Mengingat besarnya manfaat BJUM bagi pelaku usaha mikro penerima bantuan, Richard berharap program tersebut tidak hanya dilakukan satu kali di tahun 2024 ini, melainkan berlanjut di tahun-tahun berikutnya.

Baca juga: Pemkab Gunung Mas bertekad raih penghargaan UHC kategori utama di 2025

Terpisah, Ketua Baznas Gumas Elyas menyampaikan, program BJUM baru diluncurkan di Kuala Kurun pada Jumat (9/8). Pada tahun 2024 ini BJUM akan menyasar kepada 50 pelaku usaha mikro di kabupaten setempat.

“BJUM sudah disalurkan kepada 10 pelaku usaha mikro, yang semuanya berasal dari Kecamatan Kurun. Sisanya lagi sedang kami himpun dan ditargetkan selesai dalam waktu dekat,” bebernya.

Penerima manfaat dari program BJUM juga diharap dapat menyisihkan uang hasil jualannya, minimal Rp2.000 per hari untuk dimasukkan ke infak. Nantinya itu akan dimanfaatkan untuk berbagai hal, termasuk membantu pelaku usaha mikro lainnya.

Baznas Gumas mempersilahkan pelaku usaha mikro yang ingin mengikuti program BJUM, agar mengikuti prosedur yang telah ditentukan. Untuk keterangan lebih rinci dapat ditanyakan langsung di sekretariat di Jalan DI Panjaitan No 17 Kuala Kurun.

Lebih lanjut, Baznas Gumas juga telah menyiapkan berbagai program untuk membantu masyarakat yang memerlukan. Sebagian sudah dijalankan dan sebagian lagi akan segera dijalankan.

“Yang sudah terlaksana seperti penyaluran 50 paket sembako, yang dilaksanakan bersamaan dengan peluncuran program BJUM. Nanti ada juga program bedah rumah,” demikian Elyas.

Baca juga: Duplikat bendera pusaka dan naskah teks proklamasi tiba di Gumas

Baca juga: DPRD Gumas ajak masyarakat jadikan lomba 17 Agustusan memperkuat persatuan

Baca juga: Pelajar di Gumas diminta manfaatkan layanan jemput bola perekaman e-KTP