Masyarakat antusias sambut pentas seni budaya semarakkan HUT RI

id pemprov kalteng, gubernur kalteng sugianto sabran, hut 79 ri, hari kemerdekaan, kalimantan tengah, pentas seni dan budaya

Masyarakat antusias sambut pentas seni budaya semarakkan HUT RI

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran beserta jajaran menyaksikan pentas seni budaya semarakkan HUT RI di kawasan Bundaran Besar Palangka Raya (17/8/2024). (ANTARA/HO-Diskominfosantik Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mempersembahkan acara Semarak HUT RI di Bumi Tambun Bungai yang pusatkan di kawasan Bundaran Besar Palangka Raya, Sabtu malam.
 
Gubernur Kalteng Sugianto Sabran mengatakan melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) setiap malam minggunya di sepanjang Agustus 2024, pihaknya menyuguhkan berbagai pentas seni menampilkan keindahan seni budaya khas daerah Kalimantan Tengah dan juga Nusantara.
 
“Kami berharap, adanya kegiatan ini di momen HUT Kemerdekaan semakin memupuk rasa cinta tanah air, termasuk rasa bangga terhadap seni budaya yang kita miliki, agar terus lestari hingga anak cucu kita, generasi mendatang,” jelasnya.

Baca juga: Gubernur tinjau Bundaran Besar, pengembangan RTH dibagi dua tahap

Baca juga: Wisawatan berkunjung ke Kalteng capai 1,3 juta orang hingga pertengahan 2024
 
Hal ini menjadi salah satu bentuk nyata penghormatan dan penghargaan kepada para pahlawan yang telah berjuang memerdekakan Indonesia.
 
"Selain melanjutkan perjuangan untuk membangun bangsa yang maju, adil, dan sejahtera, kita juga harus melestarikan kekayaan ragam seni budaya, yang menjadi bagian penting dari sejarah bangsa. Berbeda-Beda Tapi Tetap Satu, Bhinneka Tunggal Ika," tegasnya.

Baca juga: Peringati HUT RI, Wagub Kalteng sebut kolaborasi sebagai kunci pembangunan
 
Dia pun mengajak semua pihak terutama masyarakat yang hadir menjadikan momen ini untuk menggelorakan semangat Nusantara Baru, Indonesia Maju.
 
"Menginspirasi kita untuk berkarya dan berkontribusi lebih baik lagi bagi kemajuan bangsa," ucapnya.
 
Adapun dalam Semarak HUT RI di Bumi Tambun Bungai ini, menampilkan beragam hiburan dari berbagai sanggar seni budaya Kalimantan Tengah maupun Indonesia pada umumnya, baik seni musik, tari, maupun seni peran untuk menghibur masyarakat.
 
Tampak masyarakat Palangka Raya berdatangan dan penuh antusias memadati kawasan Bundaran Besar untuk menyaksikan pentas seni budaya tersebut.
 
Selain menghadirkan artis serta penampilan seni tari, juga disemarakkan pantomim ATR SLBN 1 Palangka Raya, peragaan busana Nusantara, serta lainnya.

Baca juga: Pemprov Kalteng bantu UMKM kelola usaha dengan kreatif dan inovatif

Baca juga: Kalaksana BPBPK sebut empat daerah di Kalteng siaga darurat karhutla

Baca juga: Pemprov Kalteng sapa warga binaan Lapas Perempuan Palangka Raya