Pj Bupati ajak masyarakat Bartim lebih aktif memajukan tradisi Nariuk

id Pj Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Indra Gunawan, Barito Timur, Bartim, Kalteng ,Penjabat Bupati Barito Timur, Kalteng

Pj Bupati ajak masyarakat Bartim lebih aktif memajukan tradisi Nariuk

Penjabat Bupati Bartim Indra Gunawan menyerahkan trophy dan hadiah kepada juara pada festival Nariuk ke-4 di Desa Pulau Patai, Minggu (18/8/2024) sore. ANTARA/HO-Diskominfo Bartim

Tamiang Layang (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Indra Gunawan mengajak seluruh elemen Masyarakat di kabupaten setempat, agar lebih aktif memajukan kebudayaan lokal, terutama tradisi Nariuk.

"Kita harus bangga dengan kebudayaan kita sendiri. Nariuk adalah salah satu identitas kita, dan sudah saatnya kita bersama-sama memajukannya," kata Indra Gunawan di Tamiang Layang, Senin.

Menurutnya, ajakan dari dirinya sebagai seruan sebagai upaya melestarikan dan mengembangkan warisan budaya yang dimiliki khas masyarakat Barito Timur. Apalagi Nariuk merupakan salah satu tradisi budaya lokal, memiliki nilai-nilai yang perlu dijaga dan diwariskan kepada generasi mendatang.

Ia juga menekankan bahwa kebudayaan lokal seperti Nariuk tidak hanya penting untuk dilestarikan, tetapi juga dapat menjadi daya tarik wisata yang mampu mendongkrak perekonomian daerah. Dengan dukungan dari semua pihak, termasuk pemerintah, masyarakat, dan pelaku budaya, diharapkan tradisi seperti Nariuk dapat terus hidup dan berkembang.

"Kami berharap generasi muda juga terlibat dalam melestarikan budaya ini, sehingga Nariuk tidak hanya menjadi sejarah, tetapi tetap hidup di tengah masyarakat," tambah Indra.

Ajakan ini pun diharapkan mendapatkan respon positif berbagai kalangan dan melihat upaya ini sebagai langkah penting untuk memperkuat identitas budaya Barito Timur serta mempromosikan kekayaan budaya lokal di kancah nasional dan internasional.

Pada acara Nariuk ke-4 yang diselenggarakan Minggu (18/8) kemarin, Penjabat Bupati Barito Timur Indra Gunawan bersama Pj. TP PKK Barito Timur Melly Novita turut menghadiri acara festival tersebut.

Baca juga: Festival Nariuk 4 ajang promosi wisata dan budaya Bartim

Indra merasa terkesan dengan keanekaragaman hayati yang dimiliki Kabupaten Barito Timur. Indra pun girang bahagia menyaksikan hasil tangkapan ikan yang berukuran besar dan sehat. Hadirnya Indra Gunawan selaku Pj Bupati Bartim turut memberikan dukungan moral bagi masyarakat yang telah bekerja keras untuk menyukseskan acara itu.

Di penghujung acara, Penjabat Bupati Barito Timur menyerahkan hadiah kepada para pemenang Festival Nariuk ke-4 . Hendro Kurniawan dari Lebo berhasil meraih gelar juara pada kategori kategori tercepat. Suriwanto dari Simpang Bingkuang keluar sebagai juara pertama kategori ikan terberat, disusul Berno dari Kandris sebagai juara kedua, dan Rira dari Jaar sebagai juara ketiga.

Rira kembali meraih prestasi sebagai juara pertama kategori jumlah tangkapan ikan terbanyak, diikuti Mundu dari Lebo sebagai juara kedua, dan Ripaldo dari Desa Pupuh yang meraih juara ketiga. Nariuk ke-4 dihadiri kurang lebih 3.000 penonton dan diikuti 420 peserta.

Baca juga: Peringati HUT RI, Pj Bupati Bartim serukan masyarakat terus berinovasi

Baca juga: Nursulistio dan Dendy Mahaputra pimpinan sementara DPRD Bartim

Baca juga: Perkuat sistem pemungutan pajak, Pemkab Bartim upayakan peningkatan PAD