Pj Bupati Bartim : MTQ memperkokoh keimanan, kebersamaan, dan kepedulian sosial

id Pj Bupati Bartim,MTQ Bartim,Kalteng,Barito Timur,Tamiang Layang, Indra Gunawan

Pj Bupati Bartim : MTQ memperkokoh keimanan, kebersamaan, dan kepedulian sosial

Pj Bupati Barito Timur, Indra Gunawan menyerahkan Piala Bergilir MTQ kepada Panitia MTQ 10 Tingkat Kabupaten Barito Timur, Rusdianor di Tamiang Layang, Sabtu (21/9/2024). ANTARA/Habibullah

Tamiang Layang (ANTARA) - Pj Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Indra Gunawan, secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) X Tingkat Kabupaten di Aula Rumah Jabatan Bupati pada Sabtu (21/9).

“MTQ kali ini memiliki makna penting bagi masyarakat, khususnya dalam memperkokoh semangat keimanan, kebersamaan, dan kepedulian sosial,” kata Pj Bupati Barito Timur (Bartim), Indra Gunawan di Tamiang Layang, Sabtu.

Menurutnya, di tengah tantangan sosial, ekonomi, dan politik yang dihadapi, kekompakan dan kerja sama seluruh elemen masyarakat sangat dibutuhkan.

"MTQ ini bukan sekadar ajang kompetisi membaca Al-Qur'an, tetapi juga sebagai sarana menanamkan nilai-nilai Islam yang luhur, memperkuat persatuan, dan mempererat tali silaturahmi di antara kita," kata Indra.

Ia juga menambahkan bahwa ajang MTQ merupakan kesempatan bagi masyarakat Barito Timur untuk menunjukkan semangat kebersamaan dan gotong-royong, yang telah menjadi ciri khas daerah di Gumi Jari Janang Kalalawah.

“Momentum ini, harus dimanfaatkan untuk bersinergi dalam membangun daerah yang maju, sejahtera, dan berdaya saing tinggi,” kata Indra.

Selain itu, Indra Gunawan mengingatkan bahwa Barito Timur akan segera menghadapi Pilkada Bupati dan Wakil Bupati serta Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah. Indra berharap melalui MTQ ini, masyarakat dapat menjaga kerukunan, membangun demokrasi yang sehat, serta mendukung pelaksanaan Pilkada yang damai dan tertib.

"MTQ ini adalah kesempatan untuk meneguhkan komitmen kita dalam menjaga kedamaian dan kerukunan sosial," katanya.

Kegiatan MTQ X Tingkat Kabupaten Barito Timur diharapkan juga dapat membawa manfaat besar dan melahirkan generasi Qur'ani yang menjadi teladan bagi masyarakat.

Hal ini sejalan dan dinilai sangat relevan dengan kondisi sosial saat ini dengan tema MTQ X yang diangkat, yakni ‘Dengan MTQ Memperkuat Semangat Kebersamaan, Keimanan, dan Kepedulian Sosial Umat Islam Tetap Terjaga dan Berkembang’.

Acara yang dilaksanakan di Aula Rumah Jabatan Bupati Barito Timur itu dihadiri sejumlah pejabat penting, termasuk Kapolres Bartim, Kepala Kantor Kemenag Bartim, Pabung 1012/Buntok, Ketua Sementara DPRD Bartim, serta para kepala OPD di lingkungan Pemkab Barito Timur, serta Ketua NU Bartim, Ketua MUI Bartim, camat, pengurus LPTQ, peserta MTQ dari berbagai kecamatan, dan tamu undangan lainnya.