Gunung Bintang Awai juara umum MTQH XLIV Barito Selatan

id Gunung Bintang Awaijuara umum MTQH XLIVBarito Selatan, kalteng, barsel, Barito Selatan, agama

Gunung Bintang Awai juara umum MTQH XLIV Barito Selatan

Asisten III Setda Barito Selatan, Mirwansyah saat menyerahkan tropi juara umum kepada camat Gunung Bintang Awai, Armadi dalam kegiatan penutupan MTQH tingkat kabupaten setempat, di Buntok, Rabu malam (25/9). ANTARA/Bayu Ilmiawan.

Buntok (ANTARA) - Kafilah dari Kecamatan Gunung Bintang Awai, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah berhasil menjadi juara umum Musabaqah Tilawatil Qur'an dan Hadits (MTQH) XLIV tingkat kabupaten setempat.

Juara umum II diraih kafilah dari Kecamatan Dusun Selatan, juara umum III diraih Kecamatan Karau Kuala, juara IV diraih Kecamatan Jenamas, dan juara V diraih Kecamatan Dusun Utara dan juara umum VI diraih Kecamatan Dusun Hilir.

"Saya mengucapkan selamat kepada para pemenang dan peserta MTQH yang telah menunjukkan dedikasi, kerja keras, dan semangat juang yang luar biasa," kata Asisten III Sekretariat Daerah (Setda) Barito Selatan, Mirwansyah, di Buntok, Rabu malam.

Dikatakannya, mereka yang menjadi juara ini telah memberikan inspirasi kepada semuanya untuk terus mengembangkan diri dalam memahami dan mengamalkan Al-Qur'an.

Oleh karena itu, melalui MTQH ini dapat dijadikan sebagai titik awal bagi semua untuk lebih mendalami dan memahami Al-Qur'an dan Al-Hadits.

"Jadikanlah bacaan Al-Qur'an ini sebagai cahaya yang membimbing langkah-langkah kita dalam setiap tindakan dan keputusan," kata dia.

Selain itu ia juga berharap, melalui acara yang dilaksanakan ini dapat menjadi wadah untuk mempersatukan semua sebagai komunitas persaudaraan dan persahabatan yang telah terbangun dalam kegiatan ini.

Baca juga: Hijau Daun dan Putri Aulia meriahkan penutupan Barsel Expo 2024

"Mari kita terus menjaga semangat kebersamaan dalam rangka membangun masyarakat yang lebih baik berdasarkan nilai-nilai Islam yang penuh dengan kasih sayang, toleransi, dan saling menghormati," ucapnya mewakili Penjabat Bupati Barito Selatan, Deddy Winarwan.

Menurut dia, sebagai generasi muda, peserta memiliki tanggung jawab besar dalam meneruskan nilai-nilai luhur Al-Qur'an dan Al-Hadits kepada generasi mendatang.

Untuk itu ia mengajak kepada semua pihak agar terus meningkatkan semangat kebersamaan dan toleransi dalam kehidupan beragama karena Al-Qur'an mengajarkan tentang kasih sayang, perdamaian dan persatuan. 

"Mari kita lanjutkan upaya kita dalam meningkatkan pemahaman dan penerapan ajaran Al-Qur'an dan Al Hadits dalam segala aspek kehidupan, baik sebagai individu, keluarga, maupun masyarakat" kata dia.

Dengan demikian, lanjut Mirwansyah, semua akan menjadi masyarakat yang berakhlak mulia dan memberikan kontribusi positif bagi kemajuan daerah.

Acara penutupan MTQH XLIV yang berlangsung di halaman Masjid Agung Baiturrahman Buntok tersebut dihadiri sejumlah Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, kepala Organisasi Perangkat Daerah dan camat se-Barito Selatan.

Baca juga: DPRD apresiasi semarak Hari Jadi Barito Selatan

Baca juga: Pj Bupati Barsel: MTQH upaya menjadikan pribadi lebih bertaqwa dan terdidik

Baca juga: Transaksi di Barsel Expo 2024 capai Rp14 miliar