DPMD Kapuas apresiasi bantuan perahu nelayan Tumbang Mangkutup

id dpmd kapuas, budi kurniawan, bantuan perahu ces nelayan mantangai, desa tumbang mangkutup, kuala kapuas, perikanan kapuas

DPMD Kapuas apresiasi bantuan perahu nelayan Tumbang Mangkutup

Sejumlah perahu ces melalui aspirasi anggota DPRD Kapuas Algrin Gasan. (ANTARA/HO-Pemdes Tumbang Mangkutup)

Pulang Pisau (ANTARA) -
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah mengapresiasi anggota DPRD setempat yang menyalurkan bantuan sejumlah perahu ces untuk nelayan di Desa Tumbang Mangkutup, Kecamatan Mantangai.
 
“Bantuan ini diberikan sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya para nelayan, dengan memperkuat sarana prasarana penunjang kegiatan perikanan di daerah tersebut,” kata Kepala DPMD Kapuas Budi Kurniawan di Kuala Kapuas, Senin.
 
Budi Kurniawan menyatakan bantuan perahu ces ini diharap memberi manfaat signifikan bagi nelayan setempat. Dengan adanya perahu ces, nelayan diharap bisa lebih mudah menjangkau area tangkapan ikan yang lebih luas, serta meningkatkan efisiensi dalam proses penangkapan ikan.
 
“Hal ini tentunya diharap dapat berdampak langsung pada peningkatan hasil tangkapan ikan mereka, yang pada akhirnya berkontribusi pada peningkatan pendapatan dan taraf hidup para nelayan,” tuturnya.

Baca juga: Pemdes Wargo Mulyo optimalkan Program Dashat cegah stunting
 
Selain itu, Budi juga menekankan pentingnya dukungan dari pemerintah dalam mendukung keberlanjutan sektor perikanan di Desa Tumbang Mangkutup.

Ia berharap bantuan ini tak hanya berhenti pada pemberian perahu ces saja, tetapi juga diikuti berbagai program pelatihan dan pendampingan bagi nelayan, seperti teknik penangkapan ikan yang ramah lingkungan dan pengelolaan hasil tangkapan.
 
Dengan adanya sinergi antara pemerintah daerah dan masyarakat, Budi optimistis potensi perikanan di Kecamatan Mantangai dapat terus berkembang.

Ia berharap agar para nelayan memanfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya, sehingga tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan dapat tercapai.
 
“Upaya ini merupakan salah satu langkah nyata dari Pemerintah Kabupaten Kapuas dalam mendukung pengembangan ekonomi lokal melalui sektor perikanan. Kami juga berharap, kepada warga penerima bantuan perahu ini, agar dapat dijaga dan dirawat dengan baik,” demikian Budi Kurniawan.

Baca juga: Dealdo-Ismeth programkan pemberian insentif untuk guru ngaji di Kapuas

Baca juga: Habib-Tommy ingin 'lompatan besar' dalam pembangunan di Kapuas

Baca juga: Willy-Habib diyakini menang di Kabupaten Kapuas