Pj Bupati Kobar terima penghargaan upakarya wanua nugraha dari Mendagri

id Penjabat Bupati Kotawaringin Barat, Pj Bupati Kotawaringin Barat, Kobar, Kalimantan Tengah, Budi Santosa, Kotawaringin Barat, Kalteng

Pj Bupati Kobar terima penghargaan upakarya wanua nugraha dari Mendagri

Pj Bupati Kobar Budi Santosa usai menerima penghargaan Upakarya Wanua Nugraha di Denpasar, Bali, Selasa malam (8/10/2024). ANTARA/Prokom Kobar.

Pangkalan Bun (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah Budi Santosa menerima penghargaan Upakarya Wanua Nugraha dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia M Tito Karnavian.

Penghargaan yang diterima itu atas dedikasinya sebagai pembina yang berkomitmen dalam memajukan desa dan kelurahan di kabupaten ini, kata Budi Santoso di Pangkalan Bun, Rabu.

"Tentunya penghargaan yang berhasil diraih ini tidak terlepas dari sinergi yang baik serta dukungan dari masyarakat Kobar yang luar biasa," tambahnya.

Adapun penghargaan tersebut di terima langsung oleh Budi Santosa pada acara kTemu Karya Nasional dan Penganugerahan Desa dan Kelurahan Berprestasi Tahun 2024, di Gedung Ksirarnawa, Komplek Art Center, Kota Denpasar, Bali. 

Budi mengatakan penghargaan tersebut juga merupakan pengakuan atas keberhasilan desa Sebuai, Kecamatan Kumai, yang berhasil meraih kategori sebagai desa terbaik nasional di regional 3 yaitu wilayah Kalimantan dan Sulawesi dalam Penganugerahan Desa dan Kelurahan Berprestasi Tahun 2024.

Dari lima belas kepala daerah yang menerima penghargaan tersebut, dirinya menjadi salah satunya. Adapun Kepala Daerah lainnya diantaranya, Gubernur Sumatera Barat, Gubernur Lampung, Gubernur Jawa Timur, dan Gubernur Banten, Gubernur Kalimantan Tengah," beber dia.

Kemudian Gubernur Sulawesi Selatan, Gubernur Nusa Tenggara Barat, Bupati Lima puluh Kota, bupati Lombok Tengah, Wali Kota Metro, Wali Kota Batu, Wali Kota Tangerang, Wali Kota Makasar dan Wali Kota Mataram.

Baca juga: Kobar jadi kabupaten terbanyak di Kalteng menerima penghargaan Adiwiyata

"Penghargaan Upakarya Wanua Nugraha ini diharapkan dapat memberikan motivasi bagi para kepala desa maupun lurah lainnya untuk terus mengembangkan desa dan kelurahan di seluruh Indonesia, demi mewujudkan pemerintahan yang semakin baik dan bermanfaat bagi masyarakat," ungkapnya.

Dia menyampaikan, terimakasih serta apresiasi atas penghargaan yang diterima baik kepada dirinya maupun kepada desa Sebuai ini. 

"Saya berharap prestasi ini bisa menjadi contoh sekaligus inspirasi 80 desa lainnya yang ada di Kotawaringin Barat," disampaikannya.

Budi menambahkan, bahwa prestasi yang berhasil diraih ini bukan hanya menjadi prestasi dirinya dan desa Sebuai semata.

"Namun ini adalah prestasi bagi masyarakat Kobar pada umumnya karena telah menjadi yang terbaik di level nasional," demikian Budi Santosa.

Baca juga: Jadikan HUT Ke-65 Kobar momen refleksi bersama menatap masa depan lebih baik

Baca juga: Dua sekolah binaan PT GSDI-GSYM raih penghargaan Adiwiyata Mandiri

Baca juga: Pemkab Kobar resmi umumkan pengadaan PPPK tahun 2024