Sampit (ANTARA) - Perusahaan perkebunan kelapa sawit, PT Unggul Lestari, yang beroperasi di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, melaksanakan Vaksinasi Gotong Royong untuk mencegah penularan COVID-19 dengan jumlah vaksin yang dialokasikan saat ini sebanyak 3.000 dosis.

"Vaksinasi ini merupakan wujud komitmen kami untuk melindungi pekerja dan keluarganya dari penularan COVID-19. Ini juga sesuai dengan arahan pemerintah supaya perusahaan melaksanakan Vaksinasi Gotong Royong untuk mengatasi pandemi COVID-19," kata General Manager PT Unggul Lestari, Toris di Sampit, Selasa.

PT Unggul Lestari kembali melaksanakan vaksinasi COVID-19 pada Sabtu (30/10) dan Minggu (31/10) dengan alokasi 1.000 dosis vaksin. Ini merupakan vaksinasi lanjutan dari kegiatan yang sudah dilaksanakan sebelumnya dengan alokasi 2.000 dosis vaksin.

Toris menjelaskan, vaksinasi untuk pekerja dan anggota keluarga pekerja ini untuk mencegah penularan COVID-19, sekaligus upaya mempercepat pembentukan ‘herd immunity’ atau kekebalan kelompok di lingkungan sekitar perusahaan untuk mengurangi potensi penularan virus COVID-19.

Perusahaan yang bernaung di bawah bendera Musim Mas Group ini sangat serius dalam upaya pencegahan dan penanganan COVID-19. Selain memberlakukan protokol kesehatan secara ketat, perusahaan menyiapkan tempat isolasi mandiri jika ada pekerja yang terpapar COVID-19.

Perusahaan juga memberikan bantuan vitamin dan sembako bagi pekerja dan warga sekitar yang terdampak pandemi COVID-19 untuk membantu meringankan beban mereka memenuhi kebutuhan hidup. Pekerja PT Unggul Lestari menjalani skrining sebelum mengikuti penyuntikan vaksin COVID-19 dalam kegiatan Vaksinasi Gotong Royong yang digelar perusahaan tersebut pada Sabtu dan Minggu (30 dan 31 Oktober 2021). ANTARA/HO-PT Unggul Lestari
Untuk melaksanakan kegiatan ini, perusahaan menggandeng tim kesehatan dari Puskesmas Tumbang Sangai untuk membantu tim kesehatan dari perusahaan yaitu dari Klinik M IV Sehat yang sudah terlatih dan bersertifikasi.

Sebelum disuntik vaksin, peserta terlebih dulu menjalani skrining atau pemeriksaan kesehatan untuk memastikan kondisi mereka memenuhi syarat dan aman untuk divaksinasi. Vaksinasi ini diberikan untuk suntikan dosis pertama.

"Mudah-mudahan dengan vaksinasi ini membuat potensi penularan COVID-19 semakin berkurang. Semakin banyak yang divaksinasi maka semakin banyak yang memiliki imunitas tubuh yang baik sehingga tidak mudah terpapar virus," kata Toris.

Meski saat ini kasus COVID-19 menurun namun PT Unggul Lestari tetap menjalankan protokol kesehatan secara ketat. Pihak perusahaan tidak ingin kasus COVID-19 meningkat. Pekerja PT Unggul Lestari antre mengikuti penyuntikan vaksin COVID-19 dalam kegiatan Vaksinasi Gotong Royong yang digelar perusahaan tersebut pada Sabtu dan Minggu (30 dan 31 Oktober 2021). ANTARA/HO-PT Unggul Lestari
Protokol kesehatan wajib dilaksanakan seperti menggunakan masker, menjaga jarak, sering mencuci tangan, tidak berkerumun dan mengurangi mobilitas. Peran masyarakat, termasuk pekerja sangat penting dalam upaya bersama memutus mata rantai penularan COVID-19.

Camat Telaga Antang, Rusmanto menyambut baik dan mengapresiasi langkah PT Unggul Lestari melaksanakan Vaksinasi Gotong Royong, khususnya untuk melindungi pekerja dan keluarganya dari risiko penularan COVID-19.

Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di lingkungan perusahaan juga berperan penting dalam upaya mencegah dan memutus mata rantai penularan COVID-19 di kabupaten ini. Ini juga wujud kepedulian perusahaan besar swasta, khususnya PT Unggul Lestari dalam mendukung program vaksinasi COVID-19.

"Ini diharapkan menjadi contoh bagi perusahaan besar swasta lainnya sehingga lebih banyak lagi orang di Telaga Antang ini yang sudah divaksinasi," demikian apresiasi Rusmanto terhadap vaksinasi COVID-19 oleh PT Unggul Lestari terhadap pekerja dan anggota keluarga pekerja mereka.

Baca juga: PT Unggul Lestari gelar vaksinasi COVID-19 untuk 1.000 pekerja

Baca juga: Cepat tanggap, PT Unggul Lestari salurkan bantuan untuk korban banjir Tumbang Kalang

Baca juga: PT Unggul Lestari bantu masyarakat beternak babi pulihkan ekonomi imbas pandemi COVID-19

Pewarta : Norjani/Inforial
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024