Palangka Raya (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kalimantan Tengah (KPU Kalteng) menyosialisasikan tahapan pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur atau (Pilkada) Serentak 2024 Provinsi Kalteng kepada penyandang disabilitas.

"Hari ini kami melakukan sosialisasi tahapan pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng yang salah satu pesertanya adalah para penyandang disabilitas," kata Ketua KPU Kalteng Sastriadi di Palangka Raya, Senin.

Diantara peserta dari perkumpulan penyandang disabilitas baik tuna rungu, tuna netra dan penyandang disabilitas lainnya.

Pada kesempatan itu, KPU Kalteng memberikan pendidikan pemilih dan sosialisasi kepada penyandang disabilitas.

Selain itu juga memberikan informasi, semangat dan motivasi bahwa disabilitas bukan menjadi penghalang untuk berpartisipasi dalam Pilkada Serentak 2024.

Baca juga: Pemprov Kalteng diminta pacu realisasi program 2024

Selain penyandang disabilitas, KPU juga menyosialisasikan tahapan pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng pada partai politik, akademisi, kepala sekolah, organisasi keagamaan, instansi pemerintah, paguyuban atau komunitas, organisasi pemuda dan jurnalis.

"Melalui sosialisasi ini, diharapkan semua masyarakat penyandang disabilitas di Kalimantan Tengah bisa memaksimalkan hak pilihnya pada Pilkada Serentak 2024," kata Sastriadi.

Anggota KPU Provinsi Kalteng, Wawan Wiraatmaja menambahkan, saat ini proses pencocokan dan penelitian (Coklit) oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) sudah selesai.

Dia mengungkapkan, sebanyak 7.050 Pantarlih yang tersebar di Kalimantan Tengah sudah melakukan tugasnya untuk mencocokkan data pemilih dengan dokumen kependudukan pemilih.

"Saat ini KPU kabupaten dan kota tengah melakukan pengolahan atau perbaikan data hasil Coklit sehingga nantinya didapatkan data Daftar Pemilih Sementara yang sahih sebelum ditetapkan sebagai DPT," kata Wawan di dampingi dua Komisioner KPU Kalteng Harmain Ibrohim dan Dwi Swasono.

Baca juga: Polresta Palangka Raya sita 118 gram lebih sabu selama Juli 2024

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan-HWDI dan PPDI DPD Kalteng latihan interaksi bagi penyandang disabilitas

Baca juga: Kebakaran di Palangka Raya hanguskan satu kios sembako dan tiga rumah


Pewarta : Rendhik Andika
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024