Sampit (ANTARA) - Bakal calon Gubernur Kalimantan Tengah Willy Midel Yoseph menegaskan dirinya bersama bakal calon Wakil Gubernur Habib Ismail bin Yahya siap membangun Kalimantan Tengah yang harmonis dan nyaman bagi setiap orang dengan keberagamannya.

"Kalimantan Tengah ini dihuni oleh penduduk yang beragam latar belakang suku, ras, agama dan budaya. Semua harus dirangkul. Kita ciptakan Kalimantan Tengah yang harmonis dengan tetap memegang pepatah di mana bumi dilihat di situ langit dijunjung," kaya Willy di Sampit, Sabtu (20/9) malam.

Komitmen itu disampaikannya di hadapan ratusan warga yang menghadiri silaturahim di Jalan Kenan Sandan Kecamatan Baamang, Sampit. Turut hadir pimpinan partai politik pengusung pasangan Willy-Habib yakni dari Partai NasDem, PKB dan PBB.

Menurut Willy, pasangan Willy-Habib menggambarkan keharmonisan dari keterwakilan berbagai perbedaan. Semua sepakat bersatu dengan niat dan tujuan yang sama yakni membangun Kalimantan Tengah agar lebih maju lagi dan masyarakat yang sejahtera.

Pria yang pernah dua periode menjabat Bupati Murung Raya dan anggota DPR RI ini yakin tujuan itu bisa terwujud. Apalagi dengan potensi sumber daya alam dan potensi ekonomi lainnya yang dimiliki Kalimantan Tengah masih sangat besar sehingga seharusnya pendapatan asli daerah juga bisa lebih tinggi.

Dengan pengalaman yang dimilikinya, ditambah pengalaman Habib Ismail yang pernah menjabat wakil gubernur, anggota DPRD provinsi dan anggota DPD RI, Willy yakin mereka berdua mampu membawa Kalimantan Tengah lebih maju lagi.

Baca juga: KPU sosialisasikan aturan kampanye bagi peserta Pilkada Kalteng

Selama menjabat anggota DPR RI, Willy mengaku sudah berhasil memperjuangkan aspirasi masyarakat di ratusan desa di Kalimantan Tengah, termasuk di Kotawaringin Timur. Dia juga banyak menyerap aspirasi dari masyarakat hingga ke pelosok.

Berbagai aspirasi yang disampaikan selama ini di antaranya terkait jalan, jembatan, listrik, lapangan pekerjaan, bantuan ekonomi kerakyatan dan lainnya. Dia yakin semua bisa dipenuhi secara bertahap karena sudah ada solusinya.

"Untuk jaringan internet, kami berupaya dari pantai sampai gunung sinyal harus ada karena ini menjadi kebutuhan masyarakat. Itu bisa karena kita punya satelit," ujar Willy.

Willy juga menyinggung aspirasi dari kalangan aparatur sipil negara (ASN) terkait tata kelola peningkatan karier mereka yang perlu mendapat kesempatan dan perhatian dari kepala daerah. Begitu pula tunjangan guru dan ASN lainnya juga perlu perhatian. 

Di bidang kesehatan, Willy ingin seluruh puskesmas disiapkan dengan fasilitas rawat inap. Ini menjadi solusi untuk menekan risiko kematian, khususnya di perdesaan mengingat luasnya wilayah sehingga memerlukan waktu lama jika harus merujuk pasien ke rumah sakit di kota.

"Kami berharap doa restu dan dukungan dari masyarakat Kabupaten Kotawaringin Timur. Kita bangun Kalimantan Tengah ini bersama-sama. Kotawaringin Timur ini menjadi perhatian kami juga. Terlebih, Pak Habib Ismail merupakan warga di sini dan banyak keluarga beliau di sini," demikian Willy. 

Baca juga: KPU Kalteng beri akses penyandang disabilitas jadi KPPS

Baca juga: KPU Kalteng buka tanggapan masyarakat terhadap pasangan cagub-cawagub

Baca juga: GP Ansor Kalteng siap sukseskan Pilkada 2024

Pewarta : Norjani
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024