Gubernur Lantik Bupati Dan Wakil Bupati Lamandau

id Gubernur Lantik Bupati Dan Wakil Bupati Lamandau

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Lamandau yang berlangsung di gedung DPRD di Nanga Bulik, Senin,(22/7). Yang dilakukakan Gubernur Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang SH di Nanga Bulik, Kalteng. (FOTO ANTARA Kalteng/Gusti Zainal)

aya mengharapkan semua program tersebut dapat dilaksanakan agar keberlanjutan dan hasilnya dapat dinikmati masyarakat daerah ini di masa mendatang,"
Nanga Bulik, Kalteng, 22/7 (Antara) - Gubernur Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang SH atas nama Menteri Dalam Negeri, melantik Bupati dan wakil Bupati Lamandau Marukan dan H Sugiyarto melalui rapat Paripurna Istemewa DPRD daerah tersebut.

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Lamandau yang berlangsung di gedung DPRD di Nanga Bulik, Senin dihadiri tokoh masyarakat Vektor Vaing mantan wakil gubernur Kalteng, anggota DPD asal Kalteng Hamdani, dan juga mantan Gubernur Provinsi Aceh Abdullah Puteh.

Gubernur Teras mengatakan, dengan pelantikan ini berarti proses politik sudah berakhir, sehingga roba pemerintah akan berjalan tanpa hambatan karena pasangan Bupati terpilih orang yang sama mendapat kepercayaan kembali dari masyarakat.

"Saya juga menyampaikan beberapa hal penting yang saya sadar dan saya paham bahwa sistem pemerintahan di negara kita adalah pemerintah pusat, provinsi, pemerintah kabupaten/kota dan pemerintahan desa. Itu merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan antara satu dengan lainnya," kata Gubernur

Dia mengatakan, otonomi daerah merupakan suatu kepercayaan dari bangsa dan negara kepada pemimpinnya, namun itu bukan berarti bahwa setiap pemimpin mempunyai kehendaknya sendiri tetapi upaya membangun tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Para pemimpin bangsa harus arif dan bijaksana dengan mencantumkan kesejateraan secara umum, bukan semata-mata kesejahteraan politik, kesejahteraan sosial, bukan semata-mata kesejahteraan yang bersifat ekonomi tapi kesejahteraan umum.

Siapa pun pemimpin yang dipercaya tanpa membedakan suku dan agama berupaya untuk kepentingan dan kesejateraan bagi rakyatnya. Itu tugas mulia yang sejatinya dilakukan sebagai pelayan masyarakat karena tugas pemimpin itu adalah melayani, katanya.

"Saya yakin dan percaya pak Marukan dan pak Sugiyarto merupakan bupati dan wakil bupati pilihan rakyat yang sudah barang tentu akan memberi pelayan yang baik untuk kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Lamandau," katanya.

Provinsi Kalteng mempunyai program untuk membuka keisolasian yang menyangkut pembangunan berbagai infrastruktur bagi upaya mempercepat peningkatan ekonomi masyarakat dan perekonomian daerah.

Ini merupakan tugas Bupati dan Wakil Bupati meneruskan program pembangunan jalan, jembatan, dan pelabuhan udara diharapkan dapat dituntaskan sebagai upaya membuka isolasi daerah.

Di samping membuka keisolasian, juga ada bidang infrastruktur yang perlu mendapat perhatian kepala daerah seperti program "Mamangun Tuntang Mahagalewu", yaitu program membangun dan menjaga kampung agar sejahtera, dan makmur sehingga hasilnya dirasakan masyarakat.

"Saya mengharapkan semua program tersebut dapat dilaksanakan agar keberlanjutan dan hasilnya dapat dinikmati masyarakat daerah ini di masa mendatang," katanya.


Kalteng besuh

Program lainnya yang dilaksanakan adalah program Kalteng Harati yaitu Kalteng cerdas, Kalteng Berigas yang menyangkut kesehatan yang sudah dicanangkan Kalteng Besuh (Kalteng Kenyang) dalam artian mampu di bidang pangan sehingga tidak tergantung pada daerah lain.

Atas nama pribadi dan atas nama pemerintah Provinsi Kalteng dia menyampakan selamat kepada bapak Marukan dan Istri serta H Sugiyarto dan Istri, dengan harapan kepercayaan masyarakat Kabupaten Lamandau sukses membawa perubahan di daerah tersebut.

"Saya yakin dan percaya berbekal kemauan, kemampuan, pengalaman serta kepercayaan, kerja sama dengan DPRD, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Lamandau dan dukungan masyarakat, saudara dapat memberi yang terbaik kepada rakyat daerah ini," kata Teras.




(T.KR-GTI/B/S019/S019)

Pewarta :
Editor: Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar