Sutradara Jepang Miyazaki Pensiun

id Sutradara Jepang Miyazaki pensiun

Venesia (ANTARA News) - Hayao Miyazaki, sutradara terkenal Jepang, berencana untuk pensiun dari pembuatan film setelah berkarir selama lima dekade, kata perusahaan produksinya pada Minggu di Festival Film Venesia, menurut laporan media.

Miyazaki diperkirakan akan mengadakan konferensi pers di Tokyo pekan depan untuk mengumumkan pengunduran dirinya dari kerja aktif, menurut laporan media mengutip Koji Hoshino, kepala Studio Ghibli, yang didirikan bersama dengan Miyazaki, pada konferensi pers di festival film di Venesia.

Miyazaki, yang dikenal lewat film animasi menjadi pemenang Oscar "Spirited Away". Ia terkenal karena film-filmnya termasuk "Future Boy Conan", "Nausicaa of the Valley of the Wind" dan "The Castle of Cagliostro".

Pemenang penghargaan film-film animasi ini telah memutuskan untuk pensiun, kata kantornya Minggu.

Pengumuman oleh Koji Hoshino, presiden Studio Ghibli, itu dibuat di Venesia, Italia, di mana Venice International Film Festival ke-70 berlangsung.

Film baru Miyazaki "Kaze Tachinu" (The Wind Rises) telah dipilih untuk screening di divisi kompetisi festival yang dimulai Rabu ini.