Calon Haji Embarkasi Padang Dapat Rendang Gratis

id rendang

Rendang (JW Marriott Hotel Jakarta), Istimewa

Padang (ANTARA News)- Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) embarkasi Padang membekali calon jamaah haji asal Jambi yang berangkat melalui embarkasi tersebut satu kilogram rendang Padang per orang secara cuma-cuma.

Masing-masing calon haji akan mendapatkan masakan rendang Padang sebagai bekal untuk dibawa ke Tanah Suci, kata Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Barat Syamsuir di Padang, Selasa.

Menurut dia, pemberian satu kilogram masakan khas Padang tersebut telah dilakukan sejak beberapa tahun terakhir dan tetap akan diberikan hingga beberapa tahun ke depan.

Hal itu merupakan salah satu upaya PPIH embarkasi Padang untuk meningkatkan pelayanan dan perhatian terhadap calon jamaah haji dari luar Sumbar yang akan menunaikan rukun Islam kelima tersebut.

Ia mengatakan, masakan rendang Padang bisa tahan selama satu bulan jika setiap hari dipanaskan, dan dapat mencukupi selama menunaikan haji.

Namun, pemberian satu kilogram rendang Padang tersebut hanya di peruntukkan bagi calon jamaah haji asal Provinsi Jambi , kata dia.

Sementara untuk calon jamaah haji asal Sumatera Barat memang tidak diberikan karena mereka dapat membuatnya sendiri.

Sebelumnya, pada tahun lalu calon haji asal Bengkulu juga mendapatkan rendang gratis, namun tahun ini tidak lagi, karena hanya transit dari Bengkulu di Bandara Internasional Minangkabau di Padangpariaman untuk melanjutkan perjalanan ke Tanah Suci. Dengan demikian yang mendapatkan rendang hanya calon haji dari Provinsi Jambi, kata dia.

Total calon jamaah haji yang berangkat melalui embarkasi Padang berjumlah 5.979 terdiri atas 16 kelompok terbang. Dari 5.979 orang tersebut sebanyak 3.609 berasal dari Sumatera Barat, 1.293 dari Bengkulu dan Jambi 1.003 orang serta didampingi 80 petugas haji.

Untuk keberangkatan dijadwalkan kloter I akan masuk Asrama Haji Tabing pada 9 September dan akan berangkat ke Tanah Suci 10 September yang rencananya akan dilepas oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno.

Pewarta :
Editor : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar