Lurah di Palangka Raya diminta lebih peka dengan kondisi warga

id Lurah di Palangka Raya diminta lebih peka dengan kondisi warga, kalteng, Palangka raya, sosial

Lurah di Palangka Raya diminta lebih peka dengan kondisi warga

Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Susi Idawati. ANTARA/Dokumentasi Pribadi

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Susi Idawati meminta kepada seluruh lurah yang ada di daerah ini, lebih peka dan mengetahui keadaan atau kondisi warganya.

”Sebagai lurah, harus mengetahui apa yang dibutuhkan oleh masyarakat dan permasalahan apa yang sedang dihadapi, sehingga nanti dapat dicarikan solusi penyelesaian terbaik,” katanya di Palangka Raya, Kamis.

Dia menegaskan, selain bertugas dalam penyelenggaraan pemerintahan kelurahan, para lurah juga harus mengetahui seluruh kebutuhan dan permasalahan yang tengah dihadapi masyarakat, sehingga bisa dicarikan jalan keluarnya.

Dia mencontohkan, seperti membantu menyerap aspirasi prioritas melalui musyawarah rencana pembangunan sehingga dapat sampai ke program pemerintah.

"Karena kami juga banyak menemukan masyarakat yang meminta peningkatan infrastruktur jalan, seperti di Jalan Marina Permai II, yang hingga kini belum terealisasi," ujarnya.

Baca juga: Kejari Palangka Raya periksa mantan Rektor UPR

Tak hanya itu, lurah juga diminta agar dapat membantu warganya dengan menyediakan fasilitas ruang mediasi untuk warganya yang tengah berkonflik.

Hal itu dilakukan, agar seluruh permasalahan yang terjadi di lingkup masyarakat dapat terselesaikan secara damai tanpa harus ke ranah hukum positif.

"Tapi itu semua selama konfliknya tidak berat. Misalnya seperti cekcok antartetangga yang meributkan permasalahan membakar sampah atau menyalakan musik hingga malam hari," tuturnya.

Dengan begitu, lanjut srikandi Nasdem Kota Palangka Raya, kelurahan menjadi wadah yang dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat.

Untuk itu lurah diminta agar dapat terus meningkatkan pelayanan publik dengan harapan, masyarakat dapat memperoleh wadah ternyaman, baik dalam mengurus administrasi hingga konflik di masyarakat.

"Jika di lingkup terbawah saja sudah sangat baik, tentu di lingkup ke atasnya juga pasti akan baik," demikian Susi Idawati.

Baca juga: Sebanyak 10 aki truk sampah DLH Kota Palangka Raya dicuri maling

Baca juga: Keluarga peserta JKN di Palangka Raya dapat layanan operasi katarak gratis

Baca juga: Aparat diminta usut tuntas kasus dugaan penipuan batalnya konser musik