Kemenag Kalteng: Perayaan Paskah Nasional momen tingkatkan toleransi

id Kemenag Kalteng: Perayaan Paskah Nasional momen tingkatkan toleransi, kalteng, Palangka raya,Agama

Kemenag Kalteng: Perayaan Paskah Nasional momen tingkatkan toleransi

Perayaan Paskah Nasional di Kota Palangka Raya, Kamis (25/4/2024). ANTARA/HO-MMC Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Tengah (Kakanwil Kemenag Kalteng) Noor Fahmi mengatakan, perayaan Paskah Nasional yang digelar di Kota Palangka Raya pada 25 dan 26 April 2024 harus menjadi momentum dalam meningkatkan toleransi antarumat beragama.

"Harapannya perayaan Paskah Nasional tahun 2024 menjadi spirit untuk meningkatkan toleransi, harmoni, dan persatuan di seluruh negeri," kata Noor Fahmi di Palangka Raya, Jumat.

Dia pun yakin, suksesnya perhelatan ini akan membawa kesan mendalam bagi semua yang hadir. Ini juga menjadi bukti nyata dari semangat kebersamaan dan kerukunan umat beragama di Indonesia, khususnya di Kalimantan Tengah.

Acara ini yang menjadi ajang berkumpulnya umat Kristiani dari seluruh penjuru negeri sehingga menjadi sebuah kehormatan dan kebanggaan bagi warga "Bumi Tambun Bungai" karena dipercaya menjadi tuan rumah kegiatan keagamaan tingkat nasional.

Dalam rangka mendukung suksesnya cara tersebut, Kanwil Kemenag Kalteng sebelumnya menyediakan kamar di asrama haji, tepatnya di gedung gedung Mina, Quba dan Muzdalifah untuk para tamu perayaan Paskah Nasional.

“Ini sebagai bentuk dukungan untuk ikut mensukseskan perayaan Paskah Nasional 2024 di Palangkaraya,” kata Noor Fahmi.

Baca juga: Kebijakan desentralisasi bantu tingkatkan kesejahteraan masyarakat

Menurutnya, partisipasi dukungan berbagai pihak ini merupakan cerminan sikap toleransi, kebersamaan umat beragama serta pengamalan moderasi beragama sebagai salah satu program prioritas Kementerian Agama.

"Moderasi beragama itu indikatornya komitmen kebangsaan, menjunjung keberagaman, toleransi, menghargai perbedaan keyakinan serta penghormatan terhadap budaya dan tradisi yang ada dalam masyarakat," katanya.

Selain itu menurutnya dukungan ini sebagai bentuk aktualisasi bentuk persatuan dan solidaritas dalam kegiatan lintas agama, sehingga tercipta suasana kebersamaan dan menggugah rasa kebanggaan sebagai bangsa yang memiliki keberagaman.

Ketua Persekutuan Gereja-Gereja dan Lembaga-Lembaga Injili Indonesia (PGLII) Wilayah Kalteng, Pdt Maruba Rajaguguk menyampaikan terima kasih Kemenag Kalteng mendukung pelaksanaan Paskah Nasional.

"Terimakasih kepada Kakanwil Kemenag Kalteng beserta jajaran yang telah memfasilitasi pelaksanaan Paskah Nasional 2024," katanya.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dan Pemerintah Kota Palangka Raya serta pihak lainnya yang telah mendukung gelaran ini.

Dia berharap perayaan Paskah nantinya dapat berjalan lancar sesuai rencana. Untuk itu pihaknya telah melakukan berbagai persiapan sejak Oktober 2023 lalu.

Baca juga: Seminar bisnis G-Coach beri inspirasi dan motivasi generasi muda

Baca juga: Pemprov Kalteng resmi luncurkan logo Hari Jadi ke-67

Baca juga: Pemprov Kalteng laksanakan delapan langkah preventif dan edukatif berantas korupsi