Menteri Minta Pemda Salurkan Dana Desa Untuk Dorong Pembangunan

id menteri desa, marwan jafar, dana desa

Menteri Minta Pemda Salurkan Dana Desa Untuk Dorong Pembangunan

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Marwan Jafar (ANTARA FOTO/Syaiful Arif)

Jakarta (Antara Kalteng) - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar mengatakan, dana desa dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di tingkat daerah maupun nasional.

"Penyaluran dana desa tahap pertama telah mencapai 100 persen atau sudah tersalurkan seluruhnya kepada kabupaten penerima," ujar Marwan di Jakarta, Minggu.

Karena itu, dia juga meminta kepada pemerintah daerah untuk segera menyalurkan dana tersebut kepada desa-desa agar bisa segera melaksanakan program pembangunan desa.

"Dana desa harus segera disalurkan, supaya desa dapat segera melaksanakan pembangunan desa, khususnya membangun infrastruktur desa dan juga untuk menggerakkan ekonomi desa, dengan bergeraknya ekonomi ekonomi maka ekonomi daerah juga akan turut berkembang, yang selanjutnya akan berkontribusi pula terhadap pertumbuhan ekonomi nasional," kata dia.

Dia menekankan pentingnya peran semua pihak dalam upaya meningkatkan dan mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional yang saat
ini masih mengalami pelambatan.

Sebelumnya laporan Badan Pusat Statistik (BPS), menyatakan pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal kedua tahun ini (April-Juni) kembali melambat pada angka 4,67 persen bahkan mengalami sedikit penurunan dibanding kuartal pertama yang mencapai 4,7 persen.

"Saya berharap kondisi ekonomi yang melambat ini tidak perlu disikapi berlebihan, justru harus melecut kita untuk bekerja lebih keras lagi,menggenjot seluruh sektor dan bidang ekonomi agar segera bergerak cepat, sehingga ekonomi tumbuh cepat dan mampu menghadirkan
kesejahteraan bagi seluruh rakyat," kata Marwan.

Dia menambahkan, salah satu langkah nyata adalah dengan menggerakkan dan memajukan perekonomian desa, karena ekonomi desa yang maju akan
menyediakan berbagai peluang usaha dan pekerjaan bagi masyarakat desa.

Selain itu, akan mengurangi urbanisasi, majunya ekonomi desa juga akan meningkatkan daya beli desa, yang akan berdampak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi daerah.

Keterkaitan di antara desa dengan kota dalam hal aktivitas perekonomian saat ini semakin kuat, desa sebagai basis produksi dan
kota sebagai pusat pertumbuhan sifatnya saling membutuhkan.

"Jadi kalau ekonomi desa tumbuh cepat dan daya beli desa meningkat, maka transaksi ekonomi di kota akan meningkat pesat yang tentunya akan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan ekonomi nasional tentunya akan terdampak positif juga," kata Marwan.