Ronaldo Torehkan Rekor Gol Lewati Raul Gonzales

id cristiano ronaldo, raul gonzales, real madrid

Ronaldo Torehkan Rekor Gol Lewati Raul Gonzales

Cristiano Ronaldo (REUTERS/Juan Medina)

Madrid (Antara/Reuters) - Real Madrid dan Barcelona unggul dua angka di puncak klasemen Liga Spanyol ketika Cristiano Ronaldo menorehkan rekor di klubnya saat Real menang 3-0 atas Levante dan Neymar mengemas empat gol ketika Barca mengalahkan Rayo Vallecano dengan skor 5-2 pada Sabtu.

Real melaju kencang di Bernabeu, di mana Ronaldo melampaui rekor Raul dengan koleksi 324 golnya pada musim ketujuhnya di ibukota Spanyol.
      
Sementara Barca menyia-nyiakan sejumlah peluang, terlihat rapuh di pertahanan dan memerlukan penampilan brilian Neymar untuk bangkit dari ketinggalan dan mengalahkan tim Rayo yang memainkan sepak bola menyerang atraktif di Nou Camp.
        
Kemenangan kontras untuk dua tim raksasa Spanyol yang dihantam masalah cedera ini mendongkrak mereka untuk mengkoleksi 18 angka dari delapan pertandingan, dengan Real unggul selisih gol.
        
Villarreal, yang secara mengejutkan sempat memuncaki klasemen, turun ke peringkat ketiga namun dapat kembali merebut posisi pucuk dengan kemenangan di kandang atas tim peringkat keempat Celta Vigo pada Minggu, ketika Atletico Madrid, yang menghuni peringkat kelima, bermain di markas Real Sociedad.
        
Tembakan Marcelo membawa Real memimpin pada menit ke-27 ketika ia bertukar operan dengan Ronaldo, dan menyepak bola melewati Ruben yang mengawal gawang Levante.
        
Ronaldo mengubah skor menjadi 2-0 tiga menit kemudian ketika ia melepaskan sepakan jarak jauh menuju ke sudut gawang, mengakhiri puasa golnya sebanyak empat pertandingan di kompetisi strata tertinggi Spanyol untuk kapten Portugal, rekor terburuknya sejak ia bergabung dengan Real pada 2009.
        
Pemain pengganti Jese melewati pengawalnya dan mengarahkan bola ke bagian atas gawang untuk mengubah skor menjadi 3-0 delapan menit sebelum pertandingan usai, ketika Real mengamankan kemenangan yang mendongkrak moral menjelang pertandingan Grup A Liga Champions di markas Paris St Germain.
        
"Cristiano mengambil alih tanggung jawab karena kami kekurangan penyerang," kata pelatih Real Rafa Benitez, yang kehilangan sejumlah pemain reguler yakni Karim Benzema, James Rodriguez, Luka Modric, dan Sergio Ramos karena cedera, pada konferensi pers. "Ia harus memimpin tim dan itulah yang ia lakukan."

Barca terpukul
  
Barca, yang tidak diperkuat Lionel Messi dan kapten Andres Iniesta, terpukul ketika Javi Guerra membawa Rayo memimpin pada menit ke-15.
       
Ivan Rakitic dan Luis Suarez sebelumnya gagal mengatasi Tono ketika berada dalam situasi satu lawan satu dengan kiper Rayo itu, namun Barcelona menyamakan kedudukan pada menit ke-22 ketika Neymar dilanggar di kotak terlarang dan mengonversi penalti.
       
Penyerang Brazil itu, yang berupaya mendongkrak saat Messi absen, kembali terjatuh di kotak terlarang pada menit ke-31 dan ia sukses menyarangkan penalti keduanya.
       
Kiper Barca Claudio Bravo melakukan sejumlah penyelamatan bagus ketika Rayo tampil menyerang setelah turun minum, dan kelemahan sang juara Eropa di lini akan menjadi kekhawatiran bagi pelatih Luis Enrique menjelang pertandingan Selasa di markas BATE Borisov.
       
Neymar mencetak gol pada menit ke-69 dan 70 untuk mengubah skor menjadi 4-1, yang membuatnya menjadi pemain pertama Barca selain Messi yang mencetak empat gol dalam satu pertandingan sejak Samuel Eto'o melakukannya pada 2008, sebelum ia mengirim umpan silang untuk disambar Suarez 13 menit sebelum pertandingan usai.
       
Jozabed mengambil keuntungan dari pertahanan lawan yang buruk untuk mencetak gol kedua Rayo pada menit ke-86.
       
"Ia (Neymar) begitu bersemangat sejak awal musim," kata Luis Enrique pada konferensi pers. "Ketika ia memasuki area penalti, tidak seorang pun dapat menghentikannya."
  
Start tidak meyakinkan Sevillal di musim ini berlanjut ketika sang juara bertahan Liga Europa, yang akan bermain di markas Manchester City di Liga Champions pada Rabu, bermain imbang 1-1 di markas Eibar dan kini menghuni peringkat ke-11 dengan sembilan angka.
  
Valencia melakukan pemanasan untuk pertandingan Selasa melawan Ghent di kompetisi klub elit Eropa dengan kemenangan 3-0 atas Malaga, yang mendongkrak mereka ke peringkat kedelapan dengan 12 angka.