Barito Utara Kembangkan Tanam Cabe Irigasi Tetes

id Barito Utara Kembangkan Tanam Cabe, Irigasi Tetes, Tanam Cabe, Irigasi Tetes

Barito Utara Kembangkan Tanam Cabe Irigasi Tetes

Ilustrasi, Dua petani cabe Kelurahan Kalampangan, Kecamatan Sabangau, Palangka Raya, Kalimantan Tengah sedang memanen cabe. (FOTO ANTARA Kalteng/Untung Setiawan)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah pada musim tanam Oktober - Maret 2015/2016 mengembangkan tanaman cabe dengan sistem irigasi tetes.

Budidaya cabe besar dan kecil ini akan dilakukan petani di Kecamatan Teweh Tengah dan Teweh Selatan seluas delapan hektare, kata Kepaala Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan Barito Utara,Setia Budi di Muara Teweh, Selasa.

Menurut Budi, pengembangan tanaman cabe ini merupakan salah satu program Pemerintah Pusat melalui Perubahan APBN tahun 2015 dengan memberikan bantuan diantaranya alat mesin pertanian untuk menanam cabe dengan sistem budidaya intensif irigasi tetes.

Sistem ini adalah sistem pertanian dengan pengaliran air melalui selang atau pipa khusus, dimana tanaman cabe yang dibudidayakan pengaliran airnya menggunakan selang tersebut.

"Sistem pertanian ini, bertujuan agar hasil produksi petani cabe di Barito Utara dapat meningkat sehingga diharapkan harga jual cabe di tingkat pasaran tidak terlalu mahal," katanya.

Budi mengatakan selain melakukan pengembangan produksi cabe besar dan kecil, pihaknya juga melakukan upaya untuk peningkatan hasil produksi pertanian jagung dan kedelai.

Untuk pertanian jagung, rencananya akan dilakukan di Kecamatan Teweh Timur dengan luasan areal 500 hektar, sedangkan untuk kedelai seluas 250 hektar di Kecamatan Gunung Timang dan Teweh Tengah.

"Untuk pertanian ini kita salurkan mesin pompa air kepada para petani, untuk mengatasi kekeringan pada musim kemarau ini," ujar Budi.