Barito Utara Gelar Lomba Masak Serba Ikan

id gemarikan, dkp barut

Barito Utara Gelar Lomba Masak Serba Ikan

Ketua TP PKK Barito Utara Hj Sri Hidayati menyerahkan bantuan secara simbolis untuk sekolah TK berupa alat-alat sekolah, pada kegiatan lomba masak serba ikan di Muara Teweh, Selasa (17/11). (Istimewa)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah menggelar lomba masak serba ikan diikuti sembilan kecamatan dan dua kelurahan di kecamatan Teweh Tengah.

"Lomba masak serba ikan tingkat kabupaten ini merupakan bentuk dukungan Pemkab Barito Utara terhadap program nasional gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan) telah dicanangkan sejak tahun 2004," kata Ketua Tim Penggerak PKK Barito Utara, Sri Hidayati saat membuka kegiatan di Muara Teweh, Selasa,

Menurut Sri Hidayati, tujuan Gemarikan adalah meningkatkan konsumsi masyarakat terhadap ikan, karena dengan mengkonsumsi banyak ikan, dapat meningkatkan SDM khususnya masyarakat di Kabupaten Barito Utara.

Pentingnya peningkatan konsumsi ikan oleh masyarakat dalam peningkatan status gizi masyarakat untuk membentuk bangsa yang sehat, kuat dan cerdas.

"Melalui lomba masak serba ikan tingkat Kabupaten Barito Utara ini dengan harapan tingkat konsumsi ikan masyarakat di Barito Utara pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya akan meningkat," kata Sri Hidayati yang juga istri Bupati Barito Utara, Nadalsyah ini.

Dia mengatakan masyarakat juga perlu diberikan pengetahuan tentang cara pengolahan ikan agar produk yang dihasilkan tahan lama dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dan pada akhirnya daerah memiliki ikon produk olahan khas daerah.

Dari sisi ekonomi, kegiatan ini juga dapat meningkatkan peluang pangsa pasar ikan dan produk ikan dari nelayan lokal, pembudidaya, dan pengolah hasil perikanan di daerah ini. Selanjutnya ke depan diharapkan tumbuh kembangnya usaha kecil menengah pengolahan hasil pertanian.

"Ini merupakan pekerjaan rumah bagi kita, khususnya Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan Barito Utara," katanya.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan Barito Utara, Setia Budi mengatakan melalui program nasional Gemarikan diharapkan mampu mewujudkan generasi yang sehat dan cerdas serta masyarakat sejahtera.

"Dengan meningkatnya tingkat konsumsi, berarti meningkatnya permintaan, mendorong produksi dan pemasaran yang secara keseluruhan akan menggerakkan perekonomian masyarakat," kata Budi.

Tujuan dari lomba masak serba ikan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan memasak para peserta, memperkenalkan keanekaragaman masakan berbahan baku ikan kepada masyarakat luas serta menyebarluaskan informasi tentang ikan, olahan masakan berbahan baku ikan, kandungan gizi ikan bagi kesehatan dan kecerdasan.

"Untuk itu, dengan diadakannya lomba masak serba ikan ini diharapkan akan mendorong kreativitas dalam menciptakan menu baru, menggali potensi daerah sesuai budaya dan kultur masing-masing daerah, menyebarluaskan informasi makanan berbahan baku ikan kepada masyarakat," ujar Setia Budi.