Barut Gelar Lomba Lari 5 Kilometer Pelajar

id Barito utara, Muara Teweh, Pemkab Barut, Nadalsyah, Barut Gelar Lomba Lari 5 Kilometer Pelajar

Barut Gelar Lomba Lari 5 Kilometer Pelajar

Bupati Barito Utara H Nadalsyah didampingi Sekda Jainal Abidin dan kepala SKPD ketika mengibarkan bendera start lomba lari 5 kilometer di stadion Swakarya Muara Teweh, Jumat (12/8/2016). (Foto Antara Kalteng/Kasriadi)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah menggelar lomba lari 5 kilometer untuk kalangan pelajar dari tingkat SD,SMP,SLTA dalam rangkat memeriahkan hari Kemerdekaan RI ke 71 tahun 2016 yang dilepas Bupati setempat Nadalsyah di stadion Swakarya Muara Teweh , Jumat.

Bupati Barito Utara (Barut), Nadalsyah didampingi Sekretaris Daerah Pemkab setempat Jainal Abidin melakukan pengibaran bendera start lomba lari 5 kilometer yang diikuti ribuan pelajar dari sekolah-sekolah di Muara Teweh dan sekitarnya.

Ketua Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Barito Utara, Fery Kusmiadi mengatakan kegiatan lomba 5 kilometer yang diikuti para pelajar ini dalam rangka mencari bibit-bibit unggul terutama cabang olahraga atletik untuk dibina yang nantinya akan diikutkan dalam kegiatan Porprov tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Kabupaten Barito Utara pada tahun 2018 yang akan datang.

"Lomba lari lima kilometer ini dalam rangka mencari bibit-bibit baru terutama dalam cabang olahraga atletik. Bagi mereka (pelajar) yang dalam hal ini mendapat juara dari lomba 5 kilometer ini akan kita bina dari sekarang untuk mengikuti Porprov tingkat Kalteng 2018 nanti, kata Fery Kusmiadi di sela-sela kegiatan.

Rute yang dilewati para pelajar dalam mengikuti lomba lari `5 K` ini dimulai start di stadion Swakarya menuju Jalan A Yani-Bundaran Air Mancur-Jalan Temenggung Surapati-Jalan Timor-Jalan Sumbawa-Jalan Panglima Batur-Jalan KP Tendean-Jalan Cempaka Putih-Jalan Jenderal Sudirman-Jalan Pramuka dan finish kembali di stadion Swakarya.

Hadiah yang diperebutkan dari lomba 5 K ini sebesar Rp10 juta untuk 16 peserta pemenang yang terdiri dari delapan putra dan delapan putri, kata Fery yang juga menjabat Kepala Dinas Pekerjaan Umum Barito Utara ini.

Dalam lomba 5 K tersebut, untuk kategori putra masuk finish pertama diraih oleh pelajar MAN Muara Teweh atas nama Nani, urutan kedua Akmad Suyanto pelajar SMPN 2 Muara Teweh, urutan ketiga Akhmad Fanji Indrawan pelajar SMAN 1 Muara Teweh.

Kemudian urutan ke empat Yanto pelajar SMKN 1, urutan lima Dalta pelajar SMKN 1 Muara Teweh, urutan enam Tunggal Sabda F pelajar SMAN 1, urutan tujuh David pelajar SMAN 1 Muara Teweh dan urutan delapan Rahmadi pelajar MTs Istiqomah Muara Teweh.

Sedangkan untuk kategori putri masuk finish pertama atas nama Reysha Mei Lasari pelajar SMPN 1 Muara Teweh, urutan dua Rayani Safitri pelajar SMAN 1 Muara Teweh, urutan tiga Selayanti pelajar SMKN 1 Muara Teweh, urutan empat Khofifah Indra Farhansa pelajar SMAN 1 Muara Teweh, urutan lima Sela pelajar SMKN 1 Muara Teweh, urutan enam Devi Sofianti pelajar SMKN 2 Muara Teweh, urutan tujuh Nada Saputri pelajar SMPN 9 Muara Teweh dan urutan delapan Helmi pelajar MAN Muara Teweh.

Sebelum lomba lari 5 K itu ditempat yang sama Bupati Barito Utara Nadalsyah melakukan senam bersama palajar dan dinas terkait.