Waspadai Penyakit Musim Penghujan, Kata Dinkes Barsel

id Barito Selatan, Barsel, Buntok, Borneo, Waspadai Penyakit Musim Penghujan, Dinas Kesehatan Barito Selatan, penyakit malaria, tipes, DBD

Waspadai Penyakit Musim Penghujan, Kata Dinkes Barsel

Foto Ilustrasi - DBD (Istimewa)

Buntok (Antara) - Dinas Kesehatan Barito Selatan, Kalimantan Tengah mengimbau masyarakat mewaspadai penyakit saat musim penghujan yang dalam beberapa hari terakhir mengguyur wilayah tersebut.

"Saat musim hujan seperti ini, sangat rentan penyakit malaria, tipes dan demam berdarah dengue (DBD)," kata Kepala Dinas Kesehatan Barito Selatan (Barsel) drg Daryomo Sukiastono di Buntok, Minggu.

Dia meminta masyarakat daerah itu menjaga pola hidup bersih dan sehat serta jangan membuang sampah sembarangan.

"Kita mengajak kepada masyarakat di wilayah setempat supaya dapat berperilaku hidup bersih dan sehat,"harap dia.

Dia mengajak masyarakat menjaga kebersihkan lingkungan dan laksanakan 3M Plus seperti dengan menguras bak mandi, mengubur barang bekas dan menutup rapat tempat penampungan air serta memberi bubuk larvasida agar nyamuk tidak berkembang biak.

"Gunakan kelambu serta anti nyamuk saat tidur, di samping itu juga menjaga pola makan dan hidup sehat," tambah dia.

Sedangkan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, masyarakat diminta untuk menjaga pola makan yang seimbang dan beristirahat yang cukup serta berolahraga secara teratur.

"Dengan pola hidup bersih dan sehat serta meningkatkan daya tahan tubuh, maka kita akan terhindar dari penyakit yang kerap kali muncul saat musim penghujan seperti saat ini," demikian Daryomo Sukiastono.