Gunakan Kelambu dan Anti Nyamuk Saat Tidur

id Barito Selatan, Gunakan Kelambu dan Anti Nyamuk Saat Tidur, malaria, tipes

Gunakan Kelambu dan Anti Nyamuk Saat Tidur

Nyamuk (FOTO ANTARA/Paramayuda)

Buntok (Antara Kalteng) - Dinas Kesehatan Barito Selatan, Kalimantan Tengah mengimbau kepada masyarakat di wilayah setempat agar mewaspadai penyakit saat musim penghujan.

"Pada saat musim penghujan seperti saat ini, sangat rentan dengan penyakit malaria, tipes dan demam berdarah dengue (DBD)," kata Kepala Dinas Kesehatan Barsel drg Daryomo Sukiastono di Buntok, Minggu.

Oleh karena itu, ia meminta kepada seluruh masyarakat di daerah itu untuk terus menjaga pola hidup bersih dan sehat serta jangan membuang sampah sembarangan.

"Kita mengajak kepada masyarakat di wilayah setempat supaya dapat berperilaku hidup bersih dan sehat," harap dia.

Bersihkanlah lingkungan dan laksanakan 3M Plus seperti dengan menguras bak mandi, mengubur barang bekas dan menutup rapat tempat penampungan air serta memberi bubuk larvasida agar nyamuk tidak berkembang biak.

"Gunakan kelambu dan anti nyamuk saat tidur. Di samping itu juga menjaga pola makan dan hidup sehat," tambah dia.

Sedangkan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, masyarakat diminta untuk menjaga pola makan yang seimbang dan beristirahat yang cukup serta berolahraga secara teratur.

"Dengan pola hidup bersih dan sehat serta meningkatkan daya tahan tubuh, maka kita akan terhindar dari penyakit yang kerap kali muncul saat musim penghujan seperti saat ini,"demikian Daryomo Sukiastono.